Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Irit Konsumsi BBM All New Daihatsu Ayla Keliling Ibu Kota?

Kompas.com - 27/06/2023, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berstatus mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) All New Daihatsu Ayla diwajibkan memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang irit.

Penasaran dengan hal ini, tim redaksi pun melakukan pengetesan menggunakan unit Ayla tipe tertinggi yakni 1.2 R CVT ADS yang dilengkapi dengan transmisi otomatis.

Sebagai informasi, fakta di atas kertas, All New Ayla dibekali mesin 3 silinder 1.200 cc WA-VE yang mampu menghasilkan tenaga 86,7 tk dan torsi 113 Nm pada putaran 4.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi CVT untuk varian matiknya.

Baca juga: Chery Omoda 5 Sudah Terjual 50.000 Unit Lebih di Seluruh Dunia

Untuk metode pengujian dilakukan secara sederhana, yakni dengan berkendara berkeliling Jakarta dengan jarak dan gaya berkendara sehari-hari. Sedangkan pengukurannya berpatok pada multi information display (MID) yang ada pada panel instrumen dan diisi dengan bahan bakar RON 92.

Hasil konsumsi bahan bakar dalam kota, Ayla mendapatkan angka 12,2 kilometer per liter (kpl) setelah menempuh jarak 62 Km.

hasil konsumsi bbm daihatsu aylaKompas.com/Nanda hasil konsumsi bbm daihatsu ayla

Kondisi jalan yang dilalui didominasi oleh macetnya jalan Ibu Kota pada jam pulang kantor dengan rute dari Jakarta Barat ke Selatan, lalu lanjut ke Jakarta Timur.

Hasil konsumsi BBM itu bisa dibilang irit. Salah satu hal yang membuat mobil ini hemat bahan bakar adalah kapasitas mesin yang tidak terlalu besar yakni 1.200 cc.

Baca juga: Impor Mobil Naik di Mei 2023, Toyota Terbanyak

Namun, tentu saja angka tersebut tidak bisa dijadikan patokan, mengingat banyak faktor yang mempengaruhi masalah konsumsi bahan bakar.

Mulai dari kondisi jalan, jarak tempuh, gaya berkendara, bahan bakar yang digunakan, kondisi kendaraan, beban barang yang dibawa di kabin, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com