Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] 2 Perilaku Salah yang Bikin Transmisi Mobil Matik Mudah Rusak | Honda Brio Asal Putar Balik, Nyaris Tertabrak Transjakarta

Kompas.com - 05/07/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil matik dibuat untuk memudahkan saat berkendara. Dalam pengoperasiannya mobil matik lebih sederhana daripada manual, namun bukan berarti bisa diperlakukan sembarangan.

Pemilik bengkel spesialis Worner Matik Hermas Efendi Prabowo mengatakan, saat mengendarai mobil matik, pengemudi harus menggunakan perasaan dan tidak boleh kasar.

Selain itu, saat akan putar balik, pengemudi mobil harus memperhatikan kondisi kendaraan yang melintas di sekitar, baik dari arah belakang dan sebaliknya.

Pasalnya, kecelakaan riskan terjadi, terutama jika mobil atau motor yang menyeberang tertabrak kendaraan yang melaju kencang di jalur utama.

 Baca juga: Soal Rencana Xpander Hybrid di Indonesia, Ini Jawaban Mitsubishi

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 4 Juli 2023:

1. 2 Perilaku Salah yang Bikin Transmisi Mobil Matik Mudah Rusak

Tuas transmisi mobil matikKOMPAS.com/Serafina Ophelia Tuas transmisi mobil matik

"Sekarang ini teknologi matik baik untuk matik konvensional maupun CVT itu semakin maju dan mobilnya makin halus, nyaman, responsif dan akseleratif. Sehingga masalahnya lebih banyak dibandingkan mobil di bawah tahun 2010 dan 2000-an," kata Hermas kepada Kompas.com, Senin (3/7/2023).

"Dengan teknologi makin bagus masalahnya semakin beragam sekalipun gejala yang ditunjukkan mirip-mirip, seperti perpindahan tuasnya kasar, loss, kemudian shifting gear masalah, loss partial, berisik dan banyak kendala, tapi kalau dulu pemicunya sederhana sekarang penyebabnya jadi banyak variasinya," katanya.

Baca juga: 2 Perilaku Salah yang Bikin Transmisi Mobil Matik Mudah Rusak

2. Honda Brio Asal Putar Balik, Nyaris Tertabrak Transjakarta

Honda Brio nyaris tertabrak Transjakartatiktok.com/@ridho271_ Honda Brio nyaris tertabrak Transjakarta

Seperti contoh video yang diunggah oleh akun Tiktok bernama @ridho271, Senin (3/7/2023). Dalam rekaman itu, memperlihatkan mobil Honda Brio berwarna hitam yang nyaris tertabrak bus Transjakarta lantaran sembarang melakukan putar balik.

Jika diamati, pengemudi mobil Honda Brio dalam video tersebut memotong jalur Transjakarta secara mendadak untuk melakukan putar balik. Padahal jarak Transjakarta dengan kendaraannya cukup dekat.

Baca juga: Honda Brio Asal Putar Balik, Nyaris Tertabrak Transjakarta

3. Respons Mitsubishi soal XFC yang Jadi Rival HR-V dan Creta

Mobil konsep Mitsubishi XFC Concept dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Mobil konsep ini siap menyapa para pengunjung pameran otomotif tersebut.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mobil konsep Mitsubishi XFC Concept dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Mobil konsep ini siap menyapa para pengunjung pameran otomotif tersebut.

XFC Concept akan jadi produk terbaru PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di segmen sport utility vehicle (SUV).

Mobil yang siap melakukan world premier pada Agustus 2023 tersebut, bakal menjadi rival Hyundai Creta, Honda HR-V, bahkan Toyota Yaris Cross yang sudah lebih dulu meluncur. Lantas bagaimana Mitsubishi mempersiapkan strategi bersaing dengan para rival-rivalnya tersebut?

Baca juga: Respons Mitsubishi soal XFC yang Jadi Rival HR-V dan Creta

4. Harga City Car Bekas per Juli 2023 mulai Rp 43 Jutaan

Mocil.id menyediakan lebih dari 700 unit mobil bekas yang merupakan milik mitra Moci. Dok. Mocil.id Mocil.id menyediakan lebih dari 700 unit mobil bekas yang merupakan milik mitra Moci.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com