Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Wanita Mobilnya Terjebak Tidak Bisa Keluar di Parkir Liar PRJ, Bayar 50.000

Kompas.com - 02/07/2023, 07:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang ingin menghabiskan waktu liburan di Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, diimbau untuk menggunakan transportasi umum.

Imbauan tersebut dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, imbas dari kemacetan yang cukup sulit diurai karena adanya lonjakkan arus lalu lintas pengunjung.

Namun, bagi Anda yang terpaksa menggunakan kendaraan umum sebaiknya memperhatikan lokasi parkir kendaraan. Jangan sampai mengalami hal yang sama seperti wanita dalam video Tiktok @penoykio.

Baca juga: Berlibur ke PRJ, Dishub Imbau Gunakan Transportasi Umum

Dijelaskan bahwa mobil kendaraan wanita tersebut tidak bisa keluar dari area parkir karena terhalang oleh kendaraan lainnya.

Diketahui wanita tersebut terpaksa memarkir mobil di parkiran liar sekitar JIExpo atau tepatnya di pinggir Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, lantaran kondisi lalu lintas yang padat.

“Jadi tadi sore kan gue ke PRJ, karena mau masuk ke dalamnya udah rame banget alhasil mobil gue ini di parkir di pinggir jalan. Parkirlah di sini dengan tarif Rp 50.000. Gue memutuskan untuk keluar (PRJ) di jam setengah sembilan (malam). Tiba-tiba di luar itu parkirannya sudah 2 shaft seperti ini, padahal tadinya cuma 1 shaft saja. Terus ternyata semuanya, di rem tangan, dan mobilnya matik, jadi tidak bisa diapa-apain. Terus tukang parkirnya kemana? Tidak ada sama sekali,” kata wanita dalam video tersebut.

@penoykio_ Btw ini posisi mobil gue melintang karna emang mau diusahain keluar ya ges yaa, sumpah ini jg tukang parkirnya gak ngmg samsek buat di omongin buat gak rem tangan kalo tau keaadan spt ini kita jg gaakan rem tangan. Tolong bgt dong ini parkir liarnya JIEXPO jgn mau uangnya aja #fyp #foryoupage #viral #fypbekasi #trending #fypjogja #fyp? #fypindonesia #prj #prj2023 #jiexpokemayoran ? original sound - Penoykio

Untuk itu bagi Anda yang ingin mengunjungi Jakarta Fair 2023 menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya memperhatikan beberapa hal. Salah satunya berkunjung pada hari kerja, sebab kemungkinan besar tempatnya akan lebih sepi dan tidak seramai akhir pekan.

Selain itu, sebaiknya calon pengunjung memperhatikan jam keberangkatan. Terlihat sederhana dan klise, tetapi berangkat sepagi mungkin bisa jadi solusi untuk menghindari antrean kemacetan di lokasi.

Sebagai informasi, area parkir di lokasi PRJ 2023 terdiri dari empat bagian yaitu Gedung Pusat Niaga, Sayap Utara, Sayap Timur dan Sayap Barat.

Adapun area parkir barat dapat diakses dari gerbang 6A, area parkir timur bisa diakses dari gerbang 1 dan 2, area parkir di Gedung Pusat Niaga bisa diakses dari gerbang 9 (gate 9), dan area parkir utara yang bisa diakses lewat gerbang 3.

Bus wisata gratis layanan TransJakarta BW9 rute Monas-PIKKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Bus wisata gratis layanan TransJakarta BW9 rute Monas-PIK

Namun bagi Anda yang ingin menggunakan transportasi umum, juga telah disediakan empat rute Transjakarta khusus menuju JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca juga: Persiapan Mitsubishi Triton Generasi Terbaru Jelang AXCR 2023

Berikut adalah rincian rute Transjakarta khusus Jakarta Fair 2023:

Rute PRJ 1 : PGC 1 (Cililitan) menuju Halte Pintu 2 JIExpo Kemayoran
Rute PRJ 2 : Matraman Baru menuju JIExpo Kemayoran
Rute PRJ 3 : Pulo Gadung 1 menuju JIExpo Kemayoran
Rute 2C : Balaikota menuju JIExpo Kemayoran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com