Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Setel Sudut Roda Mobil Bisa Tanpa Alat Spooring

Kompas.com - 01/07/2023, 13:42 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sudut roda mobil perlu disetel sedemikian rupa agar laju kendaraan stabil, aman, dan nyaman saat dioperasikan.

Penyetelan sudut roda biasa dilakukan oleh tenaga profesional dengan bantuan alat khusus atau alat spooring.

Akhir-akhir ini banyak beredar tutorial menyetel sudut roda tanpa alat atau spooring manual di media sosial.

Namun, pertanyaannya benarkah penyetelan tersebut seakurat menggunakan alat spooring?

Baca juga: Spooring Tapi Suspensi Rusak, Sama Saja Bohong

Penyetelan komponen roda kendaraan untuk memastikan akurasi sumbu roda. Dicky Aditya Wijaya Penyetelan komponen roda kendaraan untuk memastikan akurasi sumbu roda.

Pemilik Aha Motor Yogyakarta Hardi Wibowo mengatakan, penyetelan sudut roda mobil tetap membutuhkan alat khusus bila kondisinya memungkinkan, tapi kalau darurat manual juga bisa.

“Penyetelan sudut roda secara manual atau tanpa alat spooring ini hanya sebagai solusi sementara ketika di perjalanan mobil mengalami kendala seperti tidak stabil, atau roda kemudi miring,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Sabtu (1/7/2023).

Hardi mengatakan, bila menggunakan alat khusus ada beberapa sudut yang terdeteksi seperti toe, chamber, dan caster. Sedangkan penyetelan tanpa alat hanya memaksimalkan agar laju kendaraan lebih stabil.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Setelan Spooring Bisa Berubah Akibat Kontur Jalan?

Ukuran sudut caster, chamber, dan toe saat proses spooring Dicky Aditya Wijaya Ukuran sudut caster, chamber, dan toe saat proses spooring

Selain beberapa jenis sudut roda yang bisa disetel, soal pengaturannya juga lebih akurat karena menampilkan angka pasti sedangkan bila tanpa alat spooring hanya berdasarkan hitungan atau feeling.

“Kita bisa mencoba meluruskan roda-roda yang tidak lurus dengan coba-coba menyetel ke arah tertentu, bila masih kurang atau berlebih maka penyetelan bisa disesuaikan lagi sampai laju mobil lurus,” ucap Hardi.

Hardi juga mengatakan, penyetelan sudut roda ini juga perlu dilakukan dengan teliti dan memperhatikan batasannya. Jangan sampai, penyetelan ini malah menyebabkan kerusakan pada komponen lain.

Baca juga: Sebelum Mudik Lebaran, Apakah Mobil Perlu Spooring dan Balancing?

Setel sudut simetris caster, chamber, dan toe saat proses spooring Dicky Aditya Wijaya Setel sudut simetris caster, chamber, dan toe saat proses spooring

“Waspada dengan spiral kabel yang ada di roda kemudi, bila penyetelan dilakukan terlalu banyak bisa menyebabkan kabel ini putus, klakson, airbags dan sejenisnya bisa malfungsi,” ucap Hardi.

Jadi, penyetelan sudut roda yang sempurna memang harus menggunakan alat spooring. Tidak hanya penyetelan, tapi sudut-sudut roda dapat terbaca dengan lebih presisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com