Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlibur ke PRJ, Dishub Imbau Gunakan Transportasi Umum

Kompas.com - 01/07/2023, 16:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengimbau masyarakat yang hendak menghabiskan waktu liburan di Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, menggunakan transportasi umum.

Imbauan tersebut imbas dari kemacetan yang cukup sulit untuk diurai karena adanya lonjakkan arus lalu lintas pengunjung pada libur panjang Idul Adha 1445 Hijriah.

Demikian dikatakan Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi, Jumat (30/6/2023) sore kemarin.

Baca juga: Kecelakaan Fatal Bus Tabrak Truk Akibat Lampu Belakang Mati

Terik matahari Jakarta tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk berkunjung ke Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta 2023 di Jakarta Internasional Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Utara. JIExpo Kemayoran mulai ramai didatangi pengunjung PRJ sekitar pukul 12.00 WIB.KOMPAS.com/FIRDA JANATI Terik matahari Jakarta tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk berkunjung ke Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta 2023 di Jakarta Internasional Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Utara. JIExpo Kemayoran mulai ramai didatangi pengunjung PRJ sekitar pukul 12.00 WIB.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar ke PRJ tetap menggunakan angkutan umum," kata dia.

Adapun angkutan umum yang bisa digunakan ialah Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line turun di Kemayoran atau shuttle bus (bus antar jemput) yang telah tersedia di beberapa titik tertentu.

Pengunjung juga bisa memanfaatkan TransJakarta yang sudah disiapkan dengan empat rute untuk menuju PRJ, yaitu rute 2C (Balaikota-JIExpo), rute 1 dan rute 2 PRJ (Dari PGC atau Matraman Baru), serta rute 3 PRJ (Pulogadung-JIEXpo)

Syafrin menyebut, jelang Hari Raya Idul Adha kemarin tepatnya pada Selasa (27/6/2023) kemacetan cukup panjang terjadi saat kendaraan pengunjung memenuhi antrean masuk ke parkiran PRJ.

Baca juga: Mau Kredit Toyota bZ4X, Angsuran Mulai Rp 19 Jutaan

Arus Jalan Benyamin Sueb padat merayap di tikungan menuju JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (18/6/2023) malam.KOMPAS.com/XENA OLIVIA Arus Jalan Benyamin Sueb padat merayap di tikungan menuju JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (18/6/2023) malam.

Waktu operasi bus ini mulai Senin-Jumat pada pukul 15.00 WIB sampai 23.00 WIB. Sementara di akhir pekan, mulai pukul 09.00 WIB hingga 24.00 WIB.

Adapun PRJ sendiri, digelar selama 33 hari pada 14 Juni 2023 hingga 16 Juli 2023 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Kepadatan lalu lintas atau kemacetan apalah itu terjadi di kawasan Jalan Benyamin Sueb, kemudian di Jalan Angkasa dan sekitarnya," kata dia.

"Sebenarnya di sana sudah disiapkan lahan parkir. Tapi karena bersamaan masyarakat masuk sehingga ada kepadatan," lanjut Syafrin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com