Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balai Lelang Ini Sukses Jual Lebih dari 100.000 Kendaraan Bekas

Kompas.com - 27/06/2023, 17:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki penghujung semeseter pertama 2023, balai lelang otomotif JBA Indonesia menggenjot angka kendaraan yang dilelang menjadi lebih dari 60.000 unit mobil bekas dan 39.000 unit motor bekas, naik 63 persen dibandingkan semester pertama tahun lalu.

Tren peningkatan dibandingkan tahun lalu juga ada pada data kendaraan yang berhasil terjual, yakni naik hingga 15 persen pada semester pertama 2023 di seluruh cabang JBA Indonesia.

Deny Gunawan, Chief Operating Officer PT JBA Indonesia, mengaku optimis jika rekor peningkatan akan semakin besar pada semester ke-2 tahun 2023 yang dimulai pada bulan Juli.

“Karena pada semester 2 ini, kami fokus menaikkan kualitas pelayanan kami untuk para pelanggan JBA dan terus membangun partnership dengan perusahaan penitip kendaraan untuk meningkatkan angka unit offer lelang dan angka unit yang berhasil terjual,” ucapnya dalam keterangan tertulis, Selasa (27/6/2023).

Baca juga: Selain Pelat RF, Beberapa Kode Belakang Khusus Juga Akan Dihapus

Pool lelang mobil dan lelang motor JBAKompas.com/Aditya Maulana Pool lelang mobil dan lelang motor JBA

Adapun untuk unit-unit terpopuler pada periode semester 1, MPV Toyota Avanza G 1.3 masih menjadi nomor satu dalam top 5 Mobil bekas terlaris di lelang JBA.

Berbaris setelah Avanza, terdapat Xenia, Wuling Confero 1.5, Innova, dan Avanza E 1.3 menjadi barisan mobil bekas yang paling banyak dicari di seluruh JBA Indonesia

Sedangkan, untuk motor bekas, yang jadi primadona adalah Yamaha Gear, kemudian diikuti oleh Yamaha Nmax, Yamaha Mio, Honda Beat eSP CW, dan Honda Scoopy.

Melihat baiknya produktivitas lelang di periode semester 1, JBA berkomitmen untuk melakukan sinergi dengan seluruh regulasi lelang yang ada agar dapat meningkatkan kepercayaan dari seluruh stakeholder yang bersangkutan.

Baca juga: Banyak yang Sok Jagoan, Pelat RF Akan Dihilangkan per Oktober 2023

Konsumen mengecek unit mobil yang dilelangJBA Konsumen mengecek unit mobil yang dilelang

“Kami juga berupaya menjalankan komitmen operasional dan layanan yang sesuai prosedur dan ketentuan dari DJKN. Setiap lelang yang kami jalankan juga selalu dihadiri dan disahkan oleh Pejabat Lelang Kelas II,” kata Deny

Prosedur operasional dan layanan lelang JBA dijalankan berdasarkan aturan yang berlaku untuk mengusung semangat lelang yang transparan dan apa adanya.

Untuk itu, JBA selalu memberikan waktu pengecekan kendaraan dan dokumen kendaraan (open house) dari H-3 sebelum lelang.

JBA juga berupaya memberikan informasi keterangan kendaraan melalui website, aplikasi, dan secara langsung berupa ‘lembar keterangan unit’ yang ditempel pada unit memudahkan para calon peserta lelang dalam mengakses informasi kendaraan apa saja yang akan dilelang.

Baca juga: Honda Sudah Punya Teknologi Agar Mesin Mobil Aman Minum Bioetanol

Konsumen melihat-lihat unit mobil bekas yang dilelangJBA.com Konsumen melihat-lihat unit mobil bekas yang dilelang

Selain berkomitmen menjalankan lelang sesuai prosedur regulasi dan standarisasi di seluruh cabangnya, JBA juga terus melakukan pengembangan layanan yang memberikan nilai lebih kepada seluruh pelanggan.

Pada semester 1 2023 ini, JBA berkolaborasi dengan Mega Insurance dalam memberikan asuransi TLO kepada seluruh member JBA.

Selain Mega Insurance, JBA juga berpartner dengan Cakra Motor untuk memberikan kemudahan pembelian oli mobil dengan memberikan diskon khusus anggota JBA.

Tidak hanya kolaborasi eksternal, JBA juga melakukan inovasi layanan berupa Claim Center sebagai wadah komplain dan klaim bagi seluruh pelanggan JBA.

Pada semester II, JBA juga berencana meluncurkan nomor resmi PIC kendaraan yang akan dilelang, sehingga seluruh peserta lelang yang membutuhkan informasi lebih akan kendaraan tersebut dapat menghubungi nomor resmi PIC kendaraan pada jam kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com