Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap Dirikan 2 Pabrik Motor Listrik, Target Saige Penuhi TKDN

Kompas.com - 27/06/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyusul Yadea, CF Moto, dan Smoto, Saige jadi salah satu perusahaan motor listrik asal China yang mulai berjualan di Indonesia.

Sebelumnya, Saige sudah memperkenalkan diri kepada para konsumen dalam gelaran PEVS 2023, kini mulai menjual produk motor listrik lansiran terbaru di Jakarta Fair 2023.

Tony Tang, Marketing Director Saige menjelaskan, ada dua proyeksi utama yang hendak dilakukan Saige dalam waktu dekat, yakni pengenalan produk-produk baru, dan mengejar TKDN pemerintah.

“Operasi (penjuaan motor listrik) kami sudah mulai berjalan, jadi dalam waktu dekat, mungkin selama Jakarta Fair, kami akan langsung memperkenalkan beragam produk motor listrik baru,” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (23/6/2023).

Baca juga: SYM Luncurkan CLBCU, Motor Desain Unik Cocok untuk Wanita

Saige mulai jual motor listrik baru di Jakarta Fair 2023, Harga Rp 11 jutaanKOMPAS.com/daafa Saige mulai jual motor listrik baru di Jakarta Fair 2023, Harga Rp 11 jutaan

Tony menjanjikan, motor listrik baru yang diproduksi Saige akan memiliki tampilan segar dan tidak membosankan, serta harganya akan sangat kompetitif.

“Desain kami tidak monoton, karena status kami sendiri yang termasuk 5 besar perusahaan motor listrik di China. Jadi kami selalu berinovasi memunculkan desain-desain baru yang jauh lebih menarik,” ucap dia.

Langkah lain yang hendak dikejar oleh Saige adalah memenuhi angka tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang ditetapkan, supaya bisa menerima insentif motor listrik dari pemerintah.

Guna mencapai hal tersebut, Saige berencana mendirikan pabrik baru yang rencananya berlokasi di Surabaya, Jawa Timur.

“Sejauh ini kami sudah memiliki satu pabrik utama di Karawang, Jawa Barat. Dalam waktu dekat, kami menargetkan membuat satu pabrik lagi untuk mendukung proses homologasi dan pemenuhan TKDN,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com