Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chery Omoda 5 Sudah Terjual 50.000 Unit Lebih di Seluruh Dunia

Kompas.com - 26/06/2023, 19:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Chery Omoda 5 merupakan produk global dan diekspor ke berbagai negara. Sport Utility Vehicle (SUV) ini semakin populer di pasar otomotif internasional, karena berhasil meraih peringkat keenam ekspor di China.

Pada bulan Mei 2023 dilaporkan bahwa ekspor Omoda 5 mencapai 12.316 unit. Sementara pada April 2023, berada di angka 10.781 unit.

Baca juga: Kupas Tuntas Chery Omoda 5, Mulai Desain hingga Biaya Kepemilikan

Angka pada dua bulan tersebut menunjukkan pertumbuhan positif sebesar 14,2 persen. Keberhasilan ini menjadi momen penting karena merupakan kali pertama penjualan ekspor Chery melebihi angka 10.000 unit dalam dua bulan.

Pengunjung menyaksikan Chery Omoda 5 di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Omoda 5 hadir dalam tiga varian yang masing-masing dibekali mesin berkubikasi 1.500 cc turbo.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung menyaksikan Chery Omoda 5 di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Omoda 5 hadir dalam tiga varian yang masing-masing dibekali mesin berkubikasi 1.500 cc turbo.

Berdasarkan data dari Federasi Transportasi Penumpang China, Omoda 5 secara kokoh menempati peringkat keenam sebagai pengekspor mobil di China.

Total penjualan ekspor kumulatif dari Januari hingga Mei untuk model Omoda 5 disebut mencapai 50.211 unit.

Shawn Xu, President PT Chery Sales Indonesia dan Vice President Chery International, mengatakan, pencapaian ini merupakan sesuatu yang membanggakan dan merupakan bukti popularitas Omoda 5 yang sangat baik.

Baca juga: Chery Optimistis Penjualan Omoda 5 Tembus 10.000 Unit sampai Akhir Tahun

"Tentu saja ini juga menjadi pemantik semangat bagi perusahaan Chery di semua negara, termasuk Indonesia, untuk selalu optimis memperluas dan memperkuat pasar Omoda 5," ujar Shawn Xu, dalam keterangan resminya.

Chery Omoda 5Kompas.com/Donny Chery Omoda 5

Shawn Xu menambahkan, Chery meyakini bahwa Omoda 5 dapat memimpin industri otomotif dengan kelasnya yang premium, keunggulan inovasi, desain yang futuristik, dan kesadaran lingkungan, untuk terus memikat hati konsumen di seluruh dunia.

Untuk penjualan di Eropa Timur dan Meksiko, Omoda 5 diklaim menduduki peringkat pertama pada segmen pasar lokal. Bulan Mei juga menjadi momentum yang menggembirakan karena kloter pertama unit Omoda 5 dikirimkan ke Spanyol dari Shanghai.

Interior Chery Omoda 5Dok. CSI Interior Chery Omoda 5

Selanjutnya, Omoda 5 akan terus mengalami pengembangan sesuai rencana strategis dari Chery International, bahkan saat ini Chery tengah mempersiapkan peluncuran versi elektrifikasinya.

Omoda 5 juga diproduksi di Tanah Air oleh PT Chery Sales Indonesia (CSI). Bahkan, Indonesia diproyeksi sebagai pusat produksi Chery untuk setir kanan.

Chery Omoda 5Kompas.com/Donny Chery Omoda 5

Zhang Wei, Executive Vice President PT CSI, mengatakan, Australia dan Selandia Baru, akan memiliki anak perusahaan Chery yang sama. Pihaknya berencana meluncurkan Omoda 5 di Australia pada April.

"Sebelum peluncuran, kami menargetkan 50 diler secara nasional. Semua masih berjalan, kami hanya perlu menyiapkan yang terbaik untuk peluncuran secara resminya," ujar Zhang, saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Zhang menambahkan, Thailand sudah masuk jadwal untuk 2024. Malaysia juga tidak jauh waktunya dengan Australia. Tapi, target Chery yang pertama adalah tetap mempersiapkan pabrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com