Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aston Martin Setop Produksi Sedan, Beralih ke SUV

Kompas.com - 26/06/2023, 18:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini perkembangan industri otomotif dunia begitu pesat. Tak hanya soal dapur pacu, tetapi juga pada model yang dipasarkan seiring popularitas atau permintaan pasar.

Seiring dengan hal tersebut, sejumlah pabrikan kendaraan bermotor pun mulai melakukan penyesuaian. Salah satunya Aston Martin, brand mobil asal Inggris yang sangat ikonik.

Melansir Autoblog pada Senin (26/6/2023), perseroan menyatakan pada masa mendatang tidak akan memproduksi mobil jenis sedan lagi. Padahal kendaraan kecil menjadi daya tarik Aston Martin di dunia, termasuk Indonesia.

Baca juga: SIM Mati Saat Libur Idul Adha, Ada Dispensasi mulai 3 Juli 2023

Aston Martin New Vantageistimewa Aston Martin New Vantage

Kepala Produk dan Strategi Aston Martin, Alex Long menjelaskan bahwa sedan sudah tidak cocok dan sesuai dengan bisnisnya. Sehingga fokusannya akan beralih ke mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV).

"Kami memiliki tujuan yang sangat berani untuk menciptakan merek Inggris yang sangat mewah dan paling diminati di dunia," kata dia.

"Jelas tidak ada sedan (dalan rencana produk terbaru pabrikan)," lanjut Alex.

Ia pun percaya, walau tanpa sedan, Aston Martin tetap bisa berkembang dan menarik hati pecintanya. Lihat saja DBX sebagai salah satu SUV mereka yang begitu laris di pasar global.

Atas keputusan itu, banyak pecinta otomotif yang berprediksi akan ada SUV empat pintu menyerupai beberapa model sedan dari Aston Martin yang ikonik. Termasuk di antaranya kendaraan listrik.

Baca juga: Viral Video Pengemudi Kena Tarif Tol Cikampek Sampai Rp 724.000, Ini Sebabnya

Menurut pemimpin Aston Martin, Lawrence Stroll pihak mereka sedang berada di jalur yang tepat untuk meluncurkan kendaraan listrik pertamanya tahun 2026.

Meskipun, ia mengakui bahwa awal bulan ini tidak banyak konsumen Aston Martin yang menginginkan mobil listrik. Namun, Stroll percaya model baru ini akan menjadi banyak dipesan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com