Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Haryanto Luncurkan Bus Baru Rakitan Trijaya Union

Kompas.com - 26/06/2023, 13:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan otobus (PO) Haryanto baru saja meluncurkan satu unit medium bus baru buatan Karoseri Trijaya Union.

Bus yang merupakan bekas kendaraan milik PO Bulan Jaya tersebut di repaint ulang menggunakan desain terbaru dari PO Haryanto.

Sekilas, visual bus pariwisata itu mirip dengan desain dari bus PO Mahentra Transport Indonesia (MTI), yakni menggunakan kelir hitam dengan sentuhan livery emas.

Kendati begitu, keduanya merupakan kedua perusahaan yang berbeda dimana pemiliknya memiliki hubungan ayah dan anak.

Baca juga: Mengulik Fitur All New Daihatsu Ayla, Ada Apa Saja?

Bus masih menggunakan gambar wayang dan juga logo menara kudu khas PO Haryanto pada bodi samping.

Tidak ketinggalan, pada kaca bagian belakang disematkan lafadz shalawat. Untuk bagian fasia depan hadir menggunakan kaca single glass memudahkan penumpang melihat keluar lebih jelas.

Secara spesifikasi, eksterior bus menggunakan balutan bodi Jetbus 3+ MHD yang mengadopsi dari bentuk bodi milik Adiputro.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT. TRIJAYA UNION (@trijayaunion.info)


Hanya saja terdapat beberapa detail perbedaan dengan Jetbus 3+ MHD milik Adiputro, misalnya pintu samping atau pintu belakang yang hanya bisa terbuka untuk tiga per empat kaca saja.

Baca juga: Catat, Mau Ada Pembatasan Angkutan Barang mulai 28 Juni

Sementara itu, pintu samping belakang medium bus buatan Adiputro bisa terbuka sampai atas. Namun, bus tetap menggunakan selendang model voyager khas bodi Jetbus.

Kemudian, medium bus tersebut ditopang oleh sasis Mercedes OF917 Long. Untuk bagian kabin bus masih dirahasiakan, namun lantaran bus tersebut diperuntukkan oleh PO Haryanto sebagai divisi pariwisata, maka dipastikan tidak ada fasilitas toilet di dalamnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com