Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Jimny Sierra Ahmad Dhani Tak Punya Sabuk Pengaman?

Kompas.com - 25/06/2023, 11:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Ahmad Dhani kepincut Suzuki Jimny Sierra. Pentolan grup musik Dewa 19 tersebut kemudian mengetes mobil barunya berkeliling sejumlah ruas jalan di Jakarta.

Kegiatan selama satu hari tersebut dia bagikan melalui unggahan video di Youtube dengan video berjudul "Hari sabtu bersama 3 kegiatan Ahmad Dhani."

Baca juga: Marquez Mengaku Belum Siap Balapan di MotoGP Belanda

Dari video ialah terungkap bahwa Jimny Sierra warna hitam tersebut Dhani beli dengan kondisi sudah pernah dimiliki sejumlah orang. Kemudian mobil tersebut tidak memiliki safety belt atau sabuk pengaman.

Dalam video tersebut terlihat Dhani memang menyetir tanpa sabuk pengaman, dan ditegaskan dalam video diterangkan kondisi mobil memang seperti itu.

"Nanti gaes jangan komen macem-macem gaes. Jangan komen yang engga-engga. Mobil ini baru dibeli dan mobil ini mobil tua dan bose lagi negecek. Mobil ini memang tidak ada sabuknya gaes. Mobil bekas ini bukan mobil seken," ucap orang kedua di video yang mengambil gambar, dkutip Kompas.com, Minggu (25/6/2023).

"Bukan bose tidak pakai sabuk, tapi baru dapet mobil langsung dites sama bose, tapi baru di-DP separo gaes, setelah lulus bagu dilunasi. Ini benar-benar tidak ada sabuk ini mobil jip bekas dan tua. Tidak sekedar tua gaes tapi tua banget gaes. Ngetes mobil," ungkap dia.

pada dasarnya yang membedakan Jimny biasa dan Jimny Sierra ialah bentuk bodi belakang. Adapun sasis, mesin, dan kaki-kaki sama.KOMPAS.com/Gilang pada dasarnya yang membedakan Jimny biasa dan Jimny Sierra ialah bentuk bodi belakang. Adapun sasis, mesin, dan kaki-kaki sama.

Sigit, Ketua Suzuki Jip Indonesia (SJI) Jabodetabek mengatakan, semua mobil pada dasarnya dilengkapi dengan safety belt atau sabuk pengaman. Sebab sabuk pengaman merupakan standar internasional.

Kalaupun mobil yang dikendarai Dhani tidak punya sabuk pengaman artinya memang di saat itu tidak ada, bukan berarti dari baru tidak punya.

"Aku ada Sierra bukan di Jakarta, tapi seinget saya ada semua yang standaran. Tapi mobil ini memang ini bukan tangan pertama ya, artinya bukan beli dari baru, ya kondisi aslinya orang-orang yang benar-benar pemerhati yang lebih paham," kata Sigit kepada Kompas.com, Sabtu (24/6/2023).

"Pabrikan, iya apalagi Jepang (dengan kualitas standar keselamatan Jepang," kata Sigit.

Trastar, member Suzuki Jip Indonesa (SJI) mengatakan, Sierra hanya masuk selama tiga tahun di Indonesia yaitu pada 1981-1983, karena itu populasinya tidak sebanyak Jimny varian lain.

Baca juga: Cerita Ahmad Dhani Beli Suzuki Jimny Sierra, Sudah Tangan Kelima

Indonesia Jimny Festival (IJF) 2023Kompas.com/Gilang Indonesia Jimny Festival (IJF) 2023

Saat ini harga Sierra di pasar tidak bisa ditebak. Orang menyebutnya "gelap" karena tidak ada patokan khusus tergantung penjual dan pembeli.

"Sierra gelap. Ini sebetulnya bukan hanya Jimny ya tapi semua Jip (mobil SUV 4x4) itu harganya semua tergantung yang jual dan yang beli. Patokan ada tapi bagaimana ya, gelap ya," ujar dia kepada Kompas.com.

"Dulu tidak ada harganya Sierra itu. Sama sekali. Orang ditawari Sierra orang tidak suka. Apalagi belakangnya pakai fiberglass (hard top). Tahun 80'an orang tidak ada yang mau, maunya yang full. Tapi begitu tahun 90'an tren orang berubah," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com