Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bedanya Fan Belt, V-Belt dan Drive Belt

Kompas.com - 25/06/2023, 09:41 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com - Fan belt, V-belt dan drive belt, ketiganya kerap dianggap sama, merujuk pada satu komponen berbahan karet yang berfungsi untuk memutarkan puli pada mesin mobil.

Faktanya ketiga komponen tersebut merupakan sabuk penggerak puli, namun ada bedanya terkait fungsi dan karakternya.

Lantas, apa bedanya fan belt, V-belt dan drive belt?

Baca juga: Waktu Ideal Ganti Drive Belt Mobil

V-belt klasik Tangkapan Layar V-belt klasik

Pemilik GK Auto Service Gunung Kidul Elin mengatakan ketiga sebutan tersebut bisa merujuk pada satu komponen pada mobil, tapi sebenarnya bisa saja dibedakan mengingat teknologi otomotif banyak mengalami perubahan dari masa ke masa.

“Ditinjau dari bentuknya, sabuk penggerak ini bisa disebut V-belt karena penampang yang bersentuhan dengan puli berbentuk huruf V, itu sebabnya sampai sekarang masih disebut V-belt meski sudah mengalami penyempurnaan,” ucap Elin kepada Kompas.com, Sabtu (24/6/2023).

Elin mengatakan pada mobil-mobil zaman dulu, penggerak puli pada mesin masih menggunakan sabuk single PK sehingga bentuknya masih seperti huruf V dan mudah dimengerti oleh masyarakat.

Baca juga: Skutik Bunyi Kasar, Belum Tentu Masalahnya dari Roller dan V-Belt

Proses Modifikasi CVT motor matikKOMPAS.com/daafa Proses Modifikasi CVT motor matik

Seiring berjalannya waktu, sabuk ini mengalami penyempurnaan dari yang tadinya hanya single PK menjadi 2 PK, hingga 7 PK. Sehingga, bentuk sabuk sudah tidak menyerupai huruf V meski prinsip kerjanya masih sama.

“PK itu maksudnya jumlah bukit pada sabuk yang menyerupai huruf V, pada masing-masing mobil membutuhkan sabuk berbeda-beda tergantung pulinya, sekarang V-belt malah terlihat seperti sabuk pipih,” ucap Elin.

Meski demikian penyebutan sabuk tersebut dengan istilah V-belt masih relevan karena prinsip kerjanya masih mengadopsi teknologi terdahulu, beda pada jumlah bukitnya saja.

Baca juga: Risiko Akibat Telat Mengganti Drive Belt pada Mobil

V-belt 4 PK maksudnya memiliki 4 bukit Tangakapan layar V-belt 4 PK maksudnya memiliki 4 bukit

Justru penyebutan fan belt atau tali kipas pada komponen ini sudah tidak relevan, karena mobil-mobil modern sejak tahun 90-an jarang memiliki kipas radiator yang digerakkan oleh sabuk.

“Kipas radiator umumnya digerakkan oleh motor, tapi karena kebiasaan dari dulu sabuk penggerak puli ini disebut fan belt, sampai sekarang juga masih dan orang-orang bengkel paham itu,” ucap Elin.

Elin juga mengatakan saat ini ada istilah baru yaitu drive belt atau sabuk penggerak. Sebutan tersebut lebih relevan karena bagaimana pun tugasnya sebagai penggerak puli seperti kompresor, alternator, pompa air dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com