Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapasitas Lebih Besar, Mungkinkah Ertiga Hybrid Swap Baterai XL7

Kompas.com - 20/06/2023, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Baik Suzuki Ertiga dan XL7 mengusung teknologi hibrida yang serupa, yakni Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) dengan dua komponen utama, Integrated Starter Generator (ISG) dan lithium-ion battery.

Namun demikian, ternyata ada perbedaan dalam kapasitas baterai litium yang digunakan. Pada Suzuki XL7 Hybrid yang baru saja meluncur 10 Ah, sementara di Ertiga Hybrid hanya 6 Ah.

Perbedaan dari kapasitas daya baterai tentu memberikan pengaruh. Menurut Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, baterai yang digunakan XL7 punya peningkatan pada kapasitas energi.

Baca juga: Pakai Baterai Lebih Besar, Apakah Tenaga Suzuki XL7 Hybrid Meningkat?

Letak Baterai Lithium-ion 10 Ah Dibawah Kursi Penumpang Baris Pertama Suzuki XL7 HybridKOMPAS.com/Adityo Wisnu Letak Baterai Lithium-ion 10 Ah Dibawah Kursi Penumpang Baris Pertama Suzuki XL7 Hybrid

"Lebih besar, jadi kerja dari SHVS makin optimal. Pengaruhnya di putaran bawah itu kerja mesin benar-benar terbantu sehingga memberikan efek pada konsumsi bahan bakar akibat kesempatan running-nya besar," ujar Yulius kepada Kompas.com, Sabtu (17/6/2023).

Kondisi ini tentu membuat pengguna Ertiga Hybrid akan sedikit "cemburu". Sialnya lagi, meski menggunakan teknologi SHVS yang sama, tapi baterai dengan kapasitas yang lebih besar pada XL7 tak bisa digunakan di Ertiga.

Menurut Yulius, bila pemilik Ertiga ingin mengaplikasi baterai litium XL7 akan membuat banyak perubahan pada sistem yang sudah ada.

Baca juga: Suzuki Jimny Rhino Edition Meluncur Terbatas, Hanya 30 Unit

Artinya, selain tidak bisa sekadar plug n play, biaya yang akan dikeluarkan pemilik Eritga Hybrid juga lumayan besar.

"Tidak bisa main tukar, karena itu kan satu set dengan program dan sistem, pada Ertiga itu kapasitas baterainya sama dengan Grand Vitara. Banyak perubahan, kalau mau lebih baik ditukar sekalian unitnya," ucap Yulius.

Ketika ditanya soal harga, Yulius menjelaskan baterai yang digunakan pada XL7 dibanderol Rp 14,5 juta. Sementara untuk Ertiga dengan kapasitas 6 Ah saat ini harganya Rp 12 jutaan.

Baca juga: Ulik Transformasi Desain Toyota Agya GR Sport

Seperti diketahui, Suzuki memasarkan XL7 Hybrid mulai dari Rp 283,9 juta hingga Rp 304,9 juta untuk varian tertinggi, yakni Alpha AT.

Suzuki Ertiga HybridKOMPAS.com/Ruly Suzuki Ertiga Hybrid

Khusus untuk baterai litium yang digunakan pada XL7 Hybrid, Suzuki memberikan masa garansi yang cukup lama, yakni hingga 8 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com