Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Biaya Servis Kijang Innova Zenix Hybrid 5 Tahun Pemakaian

Kompas.com - 20/06/2023, 09:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Biaya perawatan merupakan salah satu aspek yang penting bagi konsumen yang hendak menggarasikan suatu kendaraan bermotor, khususnya mobil. Sebab, pengeluaran ini akan menentukan seberapa besar biaya kepemilikannya.

Terlebih, jika mobil tersebut bakal digunakan sebagai transportasi utama di aktivitas sehari-hari. Sehingga servis rutin di bengkel resmi menjadi wajib guna mempertahankan keamanan dan kenyamanan selama penggunaan.

Dalam kesempatan ini, biaya perawatan yang diulas redaksi Kompas.com ialah Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid, selaku mobil keluarga baru yang berteknologi hibrida.

Baca juga: Mitsubishi Bocorkan Nama XFC Concept Versi Produksi Massal

Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista.dok TAM Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista.

Berdasarkan informasi yang didapat Kompas.com, pemilik Innova Zenix mendapatkan fasilitas  servis pertama hingga ke-7 alias tiga tahun lewat program T-Care dari Toyota Astra Motor (TAM).

T-Care merupakan program bebas biaya jasa dan biaya suku cadang untuk produk tertentu Toyota sampai dengan servis berkala ke-7 atau 60.000 Km. Sementara model tersebut, masuk ke program ini.

Jadi, pemilik hanya akan dikenakan biaya servis dan jasa, setelah tiga tahun ke atas atau ketika MID menunjukkan jarak yang sudah ditempuh mobil 70.000 Km.

Pada kondisi ini, pemilik harus menyiapkan dana untuk servis Rp 1.557.900. Besaran yang sama juga saat memasuki servis ke-10 atau saat odometer menujukkan angka 90.000 Km.

Baca juga: Musim Hujan, Waspada Ular Bersarang di Kolong Skutik

Interior Kijang Innova Zenix HybridKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Interior Kijang Innova Zenix Hybrid

Sementara pada servis ke-9 ketika pemakaian sudah mencapai 48 bulan atau 80.000 Km, sebesar Rp 3.055.352. Lebih mahal hingga dua kali lipat memang, karena ada pergantian komponen penting dan pengecekkan baterai.

Adapun pada servis berkala ke-11 atau 100.000 Km, ialah Rp 5.374.444. Jadi secara keseluruhan, biaya servis dari tahun ketiga sampai tahun ke-5 Innova Zenix Hybrid akan menghabiskan biaya Rp 11.545.596.

Apabila pemilik ingin menabung biaya perawatan ini supaya tidak terlalu membebani saat jatuh tempo, maka bisa dilakukan dengan menyisihkan Rp 192.427 tiap bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com