Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasakkan Efektivitas Fitur Innova Zenix Hybrid di Ibu Kota

Kompas.com - 15/06/2023, 11:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengujian Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid yang dilakukan redaksi Kompas.com tidak hanya soal performa mesin dan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) saja. Kemudahan pemanfaatan fitur juga tidak kalah pentingnya.

Sebab hal tersebut kerap mempengaruhi impresi berkendara, khususnya apabila mobil digunakan harian di jalur perkotaan yang padat cenderung macet.

Adapun pemanfaatan fitur, meliputi teknologi hiburan, keamanan aktif, hingga ke fitur yang menunjang kenyamanan berkendara seperti stability control dan juga captain seat di kursi penumpang baris ke-2.

Baca juga: Alasan MG Baru Umumkan Harga MG4 EV

Interior Kijang Innova Zenix HybridKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Interior Kijang Innova Zenix Hybrid

Fitur pertama yang menjadi unggulan pada Innova Zenix Hybrid ialah hadirnya perangkat keselamatan aktif lengkap yang dirangkum dalam paket Toyota Safety Sense (TSS).

Dalam rangkaian fitur tersebut, ada lima fitur yang bisa menunjang keselamatan dan keamanan berkendara, yaitu pre-collision system, dynamic radar cruise control, lane departure alert, lane tracking assist, dan automatic high beam.

Selama penggunaan, automatic high beam memang tidak terasa langsung dari sisi pengemudi. Tetapi fitur lainnya, senantiasa berupaya agar mobil tetap dalam jalur yang aman melalui peringatan suara.

Fitur ini namanya, Lane departure alert dan lane traccking assist misal, selalu aktif menjaga supaya mobil tidak keluar dari marka jalan dan mengingatkan apabila kendaraan di depan terlalu dekat.

Baca juga: Melihat Kandang Macan di Dalam Bus AKAP, Ini Fungsinya

setir innova zenix carbonKompas.com/Nanda setir innova zenix carbon

Sementara cruise control yang sudah adaptive di Innova Zenix Hybrid, baru bisa dimanfaatkan optimal di jalur bebas hambatan atau tol. Aktivasinya sangat mudah, lewat tombol yang ada di setir saja.

Ketika sudah menyala, mobil akan mengikuti kecepatan dengan mobil di depan bahkan saat mobil depan menurunkan kecepatan.

Fitur unggulan lain di mobil ini adalah voice command power backdoor. Hal ini memungkinkan pengguna membuka pintu belakang menggunakan perintah suara.

Tapi untuk menangkap suara perintah tersebut, pengguna harus dekat dekat sensor yang ditaruh dekat spoiler. Jadi beberapa kali percobaan, mulut harus agak menempel ke pintu bagasi dahulu.

Baca juga: Meluncur di Eropa, Mitsubishi Colt Hatchback Punya Model Hybrid

Innova Zenix hybridKompas.com/Nanda Innova Zenix hybrid

Soal fitur hiburan yang ada di dalam kabin, tersaji head unit yang memungkinkan koneksi Apple CarPlay dan Android Auto hingga kehadiran Air Ionizer yang mampu membersihkan udara di dalam kabin.

Membidik segmen keluarga, sistem hiburan di baris kedua mobil ini juga disematkan. Kehadiran sepasang Rear Seat Entertainment Head Unit bisa memanjakan penumpang dengan beragam hiburan.

Menggunakan koneksi internet, layar 10 inci ini dapat menampilkan hiburan dari Netflix atau mendengarkan Spotify.

Kehadiran panoramic sunroof, dan kursi captain seat pada baris kedua Innova Zenix pun menambah kesan mewah dan kenyamanan dari kendaraan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com