Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Jok Mobil Pakai Model Sarung, Harga mulai Rp 700.000

Kompas.com - 18/06/2023, 16:02 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi konsumen yang hendak melakukan modifikasi jok mobil, ternyata ada opsi menggunakan model sarung. Jadinya, tidak perlu dirombak total dan mengeluarkan dana besar.

Sesuai namanya, modifikasi model sarung hanya akan membungkus lapisan terluar jok. Biaya yang dikeluarkan juga jauh lebih murah dan prosesnya sangat cepat.

Muhammad Muhlas, pemilik bengkel spesialis jok mobil Surya Kencana Motor Bitung, menjelaskan, modifikasi sarung jok bisa jadi alternatif murah bagi pengguna mobil yang menginginkan variasi, namun dana terbatas.

“Harga ganti jok model sarung itu murah, mulai dari Rp 700.000 untuk mobil LCGC ukuran 4-5 kursi. Bahannya juga sudah jenis kulit sintetis,” ucapnya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Pengendara Motor Hindari 3 Sikap Ini Saat Mau Menyalip Truk atau Bus

Jok mobil model sarung, bermanfaat untuk menjaga nilai jual kembali mobilKOMPAS.com/daafa Jok mobil model sarung, bermanfaat untuk menjaga nilai jual kembali mobil

Selain harga yang terbilang murah, proses pengerjaannya juga cukup ringkas. Konsumen tidak perlu menitipkan mobil di bengkel, karena Muhlas sudah memiliki data ukuran yang diperlukan.

“Misalnya mobil Honda Brio Satya lansiran 2017, ukuran joknya kan sama, jadi bisa langsung dijahit. nantinya konsumen tinggal datang untuk proses pasang sarung,” kata dia.

Akan tetapi, ada beberapa kekurangan jok model sarung bila dibandingkan model paten, alias dibongkar dan dijahit ulang. Salah satunya yaitu keterbatasan variasi desain yang bisa dipilih konsumen.

Muhlas menjelaskan, desain jok yang rumit seperti penambahan corak, motif timbul, dan ketebalan busa, hanya bisa diperoleh lewat pembongkaran dan jahit ulang.

“Karena harus disesuaikan sama elastisitas bahan yang digunakan. Misalnya untuk jok model sofa, prosesnya bisa sekitar 2 hari. Kalau model sarung, desainnya hanya polosan saja, enggak bisa terlalu rumit,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com