Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Sekali Melakukan Servis Rutin AC Mobil di Yogyakarta?

Kompas.com - 18/06/2023, 10:42 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan atau servis rutin AC mobil perlu dilakukan agar performanya tetap baik dan komponen tetap awet.

Perawatan tetap harus dilakukan tanpa harus menunggu performa AC mobil menurun. Berbagai risiko bisa mengancam komponen bila servis rutin telat dilakukan.

Maka dari itu, pengguna mobil sebaiknya mempersiapkan biaya atau menyisihkan dana khusus yang dibutuhkan untuk melakukan servis rutin AC mobil.

Dewa, Pemilik bengkel spesialis AC Mobil Jogja, mengatakan butuh biaya tidak lebih dari Rp 1 juta untuk sekali servis rutin bila tidak ada kerusakan komponen.

Baca juga: Ini Dampak jika Oli Kompresor AC Mobil Jarang Diganti

AC mobil perlu diservis secara rutin untuk menjaga performa tetap primaTangkapan layar AC mobil perlu diservis secara rutin untuk menjaga performa tetap prima

“Servis AC akan lebih enak jika tidak membutuhkan penggantian komponen, enak dari sisi mekanik dan pemilik kendaraan tentu saja, jadi tidak usah dibongkar-bongkar, maka dari itu lebih baik servis rutin tepat waktu untuk menghindari kerusakan komponen,” ucap Dewa kepada Kompas.com, Sabtu (17/6/2023).

Dewa mengatakan perawatan AC tanpa ada penggantian komponen cukup menyediakan dana mulai Rp 750.000 sampai Rp 900.000 tergantung jenis mobil.

Tarif tersebut meliputi perawatan lengkap untuk AC mobil, sehingga pemilik mobil tidak perlu memikirkan perawatan lainnya lagi.

“Itu termasuk pemeriksaan, isi freon sesuai takaran, flushing oli kompresor sampai bersih, vakum, ganti filter kabin bila perlu, pembersihan evaporator dan kondensor, ini pengerjaan bisa ditunggu,” ucap Dewa.

Baca juga: Bahaya Memaksakan Kompresor AC Mobil yang Sudah Rusak

Dengan alat yang semakin modern pemeriksaan AC mobil dapat dilakukan lebih mudah dan akurat.Tangkapan layar Dengan alat yang semakin modern pemeriksaan AC mobil dapat dilakukan lebih mudah dan akurat.

Dewa mengatakan ada dua jenis pembersihan AC secara menyeluruh yakni; pembersihan aliran udara yang berkaitan dengan bagian komponen luar dan pembersihan aliran freon yang ada di dalam.

Kedua pembersihan komponen tersebut bisa dilakukan tanpa harus membongkar dengan bantuan alat flushing AC mobil.

“Ketika oli kompresor kotor parah, kami juga bisa melakukan flushing dengan alat khusus, sehingga pembersihan tidak perlu melakukan pembongkaran, harapannya biaya servis menjadi lebih terjangkau,” ucap Dewa.

Dewa mengatakan tidak jarang pemilik mobil takut melakukan perawatan AC karena harus mengeluarkan biaya yang besar. Umumnya, perawatan AC memerlukan pembongkaran, tapi dengan alat flushing tidak.

Baca juga: Daftar Komponen AC Mobil yang Rawan Rusak

Evaporator AC mobil berlendir akibat penumpukan asap rokokMF Auto Cool/Fendi Evaporator AC mobil berlendir akibat penumpukan asap rokok

Untuk pembersihan evaporator juga bisa menggunakan selang yang dilengkapi kamera, sehingga lebih efektif dan cepat. Dewa mengatakan pekerjaan tersebut sudah termasuk dalam paket servis tersebut.

Sedangkan perawatan AC dengan metode pembongkaran biasanya dibanderol dengan biaya lebih mahal karena membutuhkan lebih banyak tenaga dan waktu.

Service Advisor PT Graha Rajasa Bengkel AC Denso Yogyakarta Andres Siswanto mengatakan, biaya perawatan AC tergantung dengan jenis mobilnya.

Baca juga: Oli Berubah Warna Jadi Hitam, Tanda Kompresor AC Mobil Harus Diganti?

Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC. Dicky Aditya Wijaya Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC.

“Mobil LCGC seperti Ayla, Agya, Sigra, kira-kira bakal membutuhkan biaya Rp 900.000-an, LMPV Avanza, Xpander dan Ertiga Rp 1,5 jutaan, harga tersebut belum penggantian part dan PPN 11%,” ucap Andres kepada Kompas.com, belum lama ini.

Pemilik Bengkel AC Mobil MF Auto Cool Yogyakarta Fendi mengatakan biaya servis AC mobil secara rutin dipatok berdasarkan tingkat kesulitan dan bahan yang dibutuhkan.

“Untuk mobil Ayla dan Agya, dibanderol mulai Rp 700.000-an, sedangkan LMPV seperti Avanza, Xpander dan sejenisnya mulai Rp 800.000-an, itu nanti dibongkar semua komponen dan dibersihkan saluran freonnya,” ucap Fendi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jadi, baiya servis AC mobil cukup beragam tergantung pemilihan bengkel, jenis kendaraan dan daerah. Untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya mulai Rp 700.000-an saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com