Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Hyundai Elantra N TCR, Penantang Baru ISSOM ITCR 3600

Kompas.com - 18/06/2023, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Hyundai Elantra N TCR akan meramaikan ISSOM 2023, dibawa oleh Benny Santoso dari tim Sigma Speed. Hadirnya Elantra N TCR ini menjadi mobil kedua dengan spek World Touring Car Racing (WTCR) di Indonesia.

Jadi nanti, di seri kedua ISSOM yang berlangsung awal Juli akan ada dua mobil dengan spek balap touring dunia, yakni Hyundai Elantra N TCR dan Audi RS3 TCR yang dibawa tim BRM Motorsport Touring Division.

Benny memboyong Hyundai Elantra N TCR ke balap di Indonesia dengan tujuan membuat persaingan lebih seru. Selain itu, dia juga mau mencoba balapan dengan mobil yang sepenuhnya dibuat khusus untuk balap.

Baca juga: Beli Mobil Hyundai di Jakarta Fair 2023, Bisa Dapat Voucer Bensin Rp 15 Juta

Hyundai Elantra N TCR milik tim Sigma SpeedKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Hyundai Elantra N TCR milik tim Sigma Speed

"Karena sudah ada yang pakai TCR Audi, jadi kita mau cobain juga, mau ngerasain mobil balap beneran. Kalau mobil ini kan memang di-develop untuk balap dari factory," ucap Benny kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, Hyundai dan Audi di WTCR pun bersaing. Bukan itu saja, ada merek lain seperti VW, Cupra, Honda, sampai merek China Lynk Co dan semuanya punya spesifikasi yang mirip-mirip, mengingat adanya regulasi.

Untuk Elantra N TCR, menggunakan mesin 1.998cc empat silinder dengan turbo. Tenaga yang dihasilkan 350 TK di 7.000 RPM dan torsi 450 Nm di 3.500 RPM.

Baca juga: Toyota Tanggapi Kehadiran Banyak Merek Mobil China di Indonesia

Hyundai Elantra N TCR milik tim Sigma SpeedKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Hyundai Elantra N TCR milik tim Sigma Speed

Semua tenaga dan torsi tadi disalurkan ke roda depan dengan transmisi sequential enam percepatan memakai paddle shift. Pada sistem pengereman sudah memakai cakram berukuran 380mm dan memakai kaliper enam piston di depan dan dua di belakang.

Secara dimensi, Elantra N TCR punya panjang 4.710mm dan lebar 1.950mm dengan jarak sumbu roda 2.750mm. Bobot untuk spesifikasi WTCR adalah 1.265 Kg termasuk dengan pengemudi.

Saat sampai di Indonesia, Benny bilang tidak banyak ubahan yang dilakukan buat ikut ISSOM. Bagian bodi luar sudah ditempel stiker Sigma Speed dan ban diganti dari slick ke model jalan raya, sesuai aturan yang berlaku.

Redaksi Kompas.com pun sudah mengulas sedikit soal Hyundai Elantra N TCR di Sirkuit Sentul. Lebih lengkap, pembaca bisa menyaksikan video di bawah ini:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com