Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oli Berubah Warna Jadi Hitam, Tanda Kompresor AC Mobil Harus Diganti?

Kompas.com - 07/06/2023, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kompresor AC merupakan komponen yang bila sudah rusak tidak bisa diperbaiki. Salah satu solusinya adalah melakukan penggantian.

Berdasarkan kabar yang beredar di masyarakat salah satu tanda kompresor AC harus diganti adalah melihat dari warna olinya ketika sedang perawatan.

Bila oli kompresor sudah menghitam, sebagian orang menganggap kompresor sudah waktunya diganti karena terjadi keausan komponen di dalamnya.

Baca juga: AC Mobil Tidak Dingin Belum Tentu Ada Kerusakan

Kompresor AC mobilKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Kompresor AC mobil

Pemilik AC Mobil Jogja Dewa mengatakan, kabar itu tidak sepenuhnya benar karena kompresor bisa rusak dengan atau tanpa ditemukannya gejala tersebut.

“Kompresor AC mobil bisa rusak meski kondisi olinya masih bening atau tidak menghitam, banyak kasus seperti itu saya jumpai, tapi oli yang menghitam memang menjadi tanda bahwa telah terjadi keausan pada kompresor,” ucap Dewa kepada Kompas.com, Selasa (6/6/2023).

Dewa mengatakan hitamnya oli bisa ditakar seberapa parah. Sehingga, ada suatu kondisi meski oli kotor tapi kompresor masih berfungsi dengan baik.

Baca juga: Waspada, Ada Oknum Pedagang Mobil Bekas yang Tidak Jujur Soal AC

Kompresor AC yang terendam air bisa macet pada bagian magnetic clutchnyaKompas.com/Erwin Setiawan Kompresor AC yang terendam air bisa macet pada bagian magnetic clutchnya

Dengan menggunakan alat AC yang mumpuni, tekanan freon dapat terdeteksi dengan akurat. Hasil pengukuran tersebut akan membuktikan kompresor masih mampu bekerja atau sudah waktunya ganti.

“Beberapa mobil yang datang ke bengkel olinya mengalami penurunan kualitas, warnanya hitam, tapi dengan hanya dilakukan flushing masalah sudah teratasi, itu bisa diperiksa dengan alat yang kami miliki,” ucap Dewa.

Patokan kompresor perlu ganti atau tidak bukan dari warna oli menurut Dewa, tapi dari kemampuannya dalam menghasilkan tekanan freon.

Baca juga: Estimasi Biaya Perbaikan AC Toyota Avanza

AC mobil perlu diservis secara rutin untuk menjaga performa tetap primaTangkapan layar AC mobil perlu diservis secara rutin untuk menjaga performa tetap prima

“Sebenarnya oli kompresor hitam itu hanya sebagai tanda bahwa ada kontaminan berupa serbuk logam halus sisa gesekan, itu bisa dijadikan tanda kompresor mengalami aus, tapi terkadang kadarnya masih dalam batas toleransi sehingga kompresor tidak perlu ganti,” ucap Dewa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com