Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Jadwal MotoGP Jerman 2023, Sprint Race Digelar Malam Ini | Toyota Tanggapi Kehadiran Banyak Merek Mobil China di Indonesia

Kompas.com - 18/06/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Jerman 2023 yang digelar di Sirkuit Sachsenring diyakini tidak akan kalah seru dari seri-seri sebelumnya. Apalagi, melihat Marc Marquez yang menggebu-gebu untuk bisa menang.

Untuk diketahui, Marquez mendapat julukan "King of Sachsenring". Sebab, pebalap dengan nomor start 93 ini punya rekor kemenangan yang luar biasa di trek tersebut.

Namun, musim ini lain lagi ceritanya. Peluang Marquez untuk naik podium mungkin tidak sebesar musim-musim sebelumnya. Meski demikian, dia tetap optimistis bisa meraih hasil terbaik.

Selain itu, pertumbuhan mobil merek China bisa dibilang melesat dalam waktu yang cukup singkat di Indonesia. Jalan di Ibu Kota kini juga sudah mulai dibanjiri merek asal China, seperti Wuling, Chery, MG dan DFSK.

Bahkan, di ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang akan digelar pada Agustus mendatang, tercatat sudah ada empat merek otomotif asal negeri tirai bambu yang akan memamerkan kendaraannya. Keempat merek tersebut adalah Haval, Ora, Tank dan Neta.

Baca juga: Gardan 4x4 untuk Suzuki Jimny Dijual mulai Rp 17 Jutaan

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 17 Juni 2023 :

1. Jadwal MotoGP Jerman 2023, Sprint Race Digelar Malam Ini

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat tampil pada sesi latihan pertama MotoGP Perancis 2023 di Sirkuit Le Mans, Jumat (12/5/2023) sore WIB.AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat tampil pada sesi latihan pertama MotoGP Perancis 2023 di Sirkuit Le Mans, Jumat (12/5/2023) sore WIB.

Saat sesi latihan bebas, peformanya juga terlihat tidak konsisten. Marquez berada di posisi kedua pada FP1. Lalu, pada FP2, merosot jauh ke posisi ke-18.

Pada FP2, dia juga sempat terjatuh hingga motornya menabrak Johann Zarco yang baru mau keluar dari pit. Meski demikian, tak sedikit yang masih yakin Marquez bisa menang atau minimal naik podium di Sachsenring.

Baca juga: Jadwal MotoGP Jerman 2023, Sprint Race Digelar Malam Ini

2. Toyota Tanggapi Kehadiran Banyak Merek Mobil China di Indonesia

Toyota GIIAS 2022TAM Toyota GIIAS 2022

Kehadiran merek China memang tidak bisa dianggap remeh, bisa dilihat dalam beberapa waktu terakhir, Wuling sudah bisa mencuri porsi pasar kendaraan listrik melalui kehadiran Wuling Air ev.

Meski begitu, Toyota Indonesia menanggapi dengan santai kehadiran merek-merek pendatang asal China. Menurut Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), kehadiran merek-merek China memberi rangsangan bagi pasar Indonesia.

Baca juga: Toyota Tanggapi Kehadiran Banyak Merek Mobil China di Indonesia

3. Video Mobil Mengalami Diesel Runaway, Ini Penyebabnya

Mobil mengalami diesel runawayinstagram.com/jakarta.terkini Mobil mengalami diesel runaway

Mobil diesel dinilai memiliki beberapa keunggulan, mulai dari torsi mesin yang besar hingga pembakaran bahan bakar yang efisien.

Namun, mobil diesel punya satu penyakit yang cukup menyeramkan jika sampai terjadi, yakni diesel runaway. Ketika diesel runaway terjadi, mesin menyala dan putaran mesin tetap tinggi tetapi tidak bisa dimatikan lewat kunci kontak.

Baca juga: Video Mobil Mengalami Diesel Runaway, Ini Penyebabnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com