Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cekcok Johann Zarco dengan Marc Marquez di FP 2 MotoGP Jerman 2023

Kompas.com - 17/06/2023, 15:43 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez dan Johann Zarco sedikit mengalami cekcok pada MotoGP Jerman 2023 di Sirkuit Sachsenring. Keduanya saling tidak terima atas insiden yang terjadi.

Marquez terjatuh pada sesi latihan bebas FP2. Motornya terseret dan menabrak bagian depan motor Zarco yang baru saja keluar dari pit.

Baca juga: Honda Tidak Takut Ditinggal Marc Marquez

Menurut Marquez, Zarco yang baru saja keluar dari pit dan akan masuk ke lintasan harusnya waspada dengan motor dari arah belakang. Sehingga, Zarco harusnya bisa menghindar dari motor Marquez yang terseret.

"Ini adalah pertanyaan yang perlu Anda tanyakan padanya, karena jika saya orang yang melakukan kesalahan, saya akan katakan itu kesalahan saya," ujar Marquez, dikutip dari Motorsport.com, Sabtu (17/6/2023).

"Tapi, kali ini saya marah karena jika ada seseorang yang bisa menghindari situasi itu, itu adalah Johann. Orang yang baru keluar dari pitlane adalah orang yang harus memperhatikan belakangnya," kata Marquez.

Baca juga: Dovizioso Yakin Ducati Bakal Menolak Marquez Bergabung

Marquez mengatakan, jika ada pebalap lain yang datang dari arah belakang, maka pebalap yang baru keluar dari pitlane harus berhenti untuk memberikan jalan.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2023Dok. @marcmarquez93 Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2023

Zarco yang tentu saja menjadi korban dari insiden ini merasa tidak terima dengan pernyataan Marquez. Menurutnya, Marquez tidak sepantasnya malah menyalahkan Zarco dalam situasi tersebut.

"Menurut saya, itu hanya insiden balap. Ini bisa terjadi, meskipun lebih baik tidak sampai terjadi. Kita bisa bilang keluar dari pitlane cukup sulit, tapi kami terbiasa dan mencoba untuk berhati-hati, seperti yang sudah saya lakukan," ujar Zarco.

"Saya menunggu di luar, saya keluar dari pit, lalu saya mengerem, kemudian berbelok, dan saya melihat grup besar datang. Saya angkat motor kembali, lalu saya lihat motor Marc. Saya angkat motor lebih tegak lagi dan motornya mengenai motor saya," ujarnya.

Johann Zarco saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. Terkini, Johann Zarco menjadi pebalap tercepat di FP2 MotoGP Thailand 2022 di Sirkuit Internasional Chang, Jumat (30/9/2022). Artikel ini menyajikan hasil FP2 MotoGP Australia 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)AFP/VLADIMIR SIMICEK Johann Zarco saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. Terkini, Johann Zarco menjadi pebalap tercepat di FP2 MotoGP Thailand 2022 di Sirkuit Internasional Chang, Jumat (30/9/2022). Artikel ini menyajikan hasil FP2 MotoGP Australia 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)

Zarco mengatakan, Marquez bisa saja mendatangi dirinya saat sedang tergeletak di aspal. Dia memahami bahwa Marquez ingin lekas kembali ke pit untuk memperbaiki catatan waktunya. Tapi, bendera merah juga sudah dikibarkan.

"Saya suka bagaimana cara Marc membalap dan cara dia berusaha. Dia adalah juara, tapi dia kehilangan sedikit kontrol ketika berbicara. Dia seharusnya berpikir dua kali sebelum berbicara, karena hanya dengan berpikir bahwa itu kesalahan saya, itu sudah tidak bisa diterima," kata Zarco.

Selesai FP2, Marquez menghampiri Zarco untuk meminta maaf. Zarco pun menerima permintaan maafnya, tapi dia tetap kesal jika Marquez menyalahkan dirinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com