Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Marquez Punya Kesempatan Naik Podium di MotoGP Jerman 2023

Kompas.com - 13/06/2023, 19:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alex Marquez sama sekali tidak mendapatkan poin pada MotoGP Italia 2023 di Sirkuit Mugello. Pebalap Gresini Racing ini bahkan terjatuh pada dua balapan. Padahal, potensinya untuk naik podium cukup besar.

Alex bisa saja merasakan naik podium di Mugello jika dirinya tidak terjatuh. Saat mengalami lowside, adik dari Marc Marquez ini sedang berada di posisi ketiga.

Baca juga: Campur Aduk Perasaan Alex Marquez pada MotoGP Italia 2023

"Sangat memalukan. Setelah semua ketidak beruntungan kami memutuskan untuk memberikan semuanya untuk podium. Mungkin saya harus senang hanya dengan finis di lima besar, tapi saya sangat ingin memberikan semuanya dan mencoba," ujar Alex, dalam keterangan resminya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Alex mengakui, dirinya melakukan kesalahan kecil saat di tikungan ketiga. Sebab, posisi dirinya terlalu masuk ke dalam tikungan hingga menyentuh garis putih.

"Balapan tuan rumah bagi tim ini juga sangat penting bagi saya. Kami sekali lagi memperlihatkan bahwa kami bisa bertahan di depan. Tapi, saya butuh sedikit lebih banyak pengalaman dengan motor," kata Alex.

Baca juga: Hasil FP 1 MotoGP Italia, Alex Marquez Tercepat

Menurutnya, saat tingkat cengkeraman ban tinggi, semuanya berjalan dengan baik. Tapi, ketika kondisi cuaca sangat panas, maka dia kesulitan untuk mencari batasannya.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2023Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2023

Kekecewaan juga dirasakan oleh rekan setimnya, Fabio Di Giannantonio. Meski demikian, pebalap yang akrab disapa Diggia ini berhasil finis di posisi ke-14 dan membawa pulang poin.

"Kami memiliki start yang bagus dan bersaing dengan grup besar. Ini adalah balapan yang positif dengan kecepatan yang baik, khususnya pada paruh kedua. Meskipun, masalah teknis pada lima lap terakhir mencegah kami untuk memperbaiki posisi," kata Diggia.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Italia 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Italia 2023

Diggia menambahkan, dia dan timnya memiliki banyak daya untuk bekal menjalani seri berikutnya. Dia juga berharap bisa meningkatkan performanya saat di sesi kualifikasi.

Saat ini, Alex berada di peringkat ke-13 pada klasemen sementara MotoGP 2023 dengan total 41 poin. Sedangkan Diggia, berada di peringkat ke-15 dengan total 27 poin.

Akhir pekan ini, Gresini Racing yang disponsori oleh banyak perusahaan Indonesia, termasuk Federal Oil, berkesempatan untuk memperbaiki itu semua pada MotoGP Jerman 2023 di Sirkuit Sachsenring. Apalagi, melihat performanya pada beberapa seri belakangan ini. Alex diyakini punya peluang cukup bagus untuk naik podium di Sachsenring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com