Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejadian Lagi, Anak Kecil Tertidur dan Terkunci di Dalam Mobil

Kompas.com - 15/06/2023, 06:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian kunci tertinggal di dalam mobil dengan pintu terkunci jelas membuat panik pemilik kendaraan. Terlebih jika di dalam mobil terdapat anak kecil yang sedang tertidur, dan belum paham bagaimana mekanisme membuka kunci pintu dari dalam.

Seperti contoh video Tiktok yang diunggah oleh akun bernama @ciecieniez. Dalam rekaman tersebut terlihat sejumlah orang yang sedang berkumpul di sekitar mobil MPV berwarna abu-abu, beberapa diantaranya berusaha menggoyang-goyangkan mobil.

Berdasarkan narasi dalam video itu, dijelaskan bahwa pemilik kendaraan meninggalkan sang anak yang sedang tertidur di mobil dalam keadaan menyala. Sejumlah warga yang berada di sekitar berusaha mencari cara untuk membuka pintu mobil tersebut, bahkan ada yang mengusulkan untuk membobol pintu mobil.

Baca juga: Keeway Bawa 3 Motor dan 2 Sepeda Listrik Baru ke Jakarta Fair 2023

Namun, sang pemilik mobil memilih untuk menunggu anggota keluarganya untuk membawakan kunci mobil cadangan.

@ciecieniez

????????????

? suara asli - Ciecie Niez

“Pulang kerja kaget tiba-tiba ramai, aku kira kenapa. Ternyata anaknya tidur di dalam mobil, mobil mesin dalam keadaan menyala. Pas aku bilang ke sama papa mertua, ‘pa bantuin ada yang anaknya di dalam mobil lagi tidur. Gimana ketik pa biar anaknya bangun. Sudah di coba sama papa mertua aku, dia bilang dibobol saja biar kebuka pintunya, biar cepat daripada anaknya kenapa-kenapa, karena anaknya tadi aku tanya sama orang sekitar umurnya masih lima atau enam tahun. Tapi kata ibunya jangan di bobol pintunya, tunggu suaminya,” tulis narasi dalam video tersebut.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, pada dasarnya umur berapa pun anak kecil jangan sampai ditinggalkan di dalam mobil. Sebab, tindakan tersebut sangat berbahaya bahkan bisa berakibat kematian.

Baca juga: Promo Honda di Jakarta Fair 2023, Ada Diskon sampai Rp 1,1 Juta

“Berbahaya jika terlalu lama di dalam mobil, bisa pingsan dan mati lemas karena keracunan gas buang kendaraan yang masuk ke dalam kabin,” ucap Marcell.

Menurut Marcell, anak yang terkunci di dalam mobil bisa menyebabkan fatalitas bila panas di kabin naik atau kebocoran karbon dioksida terjadi. Dalam kondisi tersebut, anak akan dehidrasi dan kehabisan oksigen. Bahkan jika dalam waktu yang sama, anak bisa saja meninggal dunia.

“Bisa saja kekurangan oksigen, karena bila mobil parkir tanpa menyalakan mesin dan AC, suhu kabin bisa naik signifikan yang dapat menyebabkan kepanasan dan dehidrasi,” kata Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com