Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi Radar Mau Dipasang ke Skutik Kymco

Kompas.com - 14/06/2023, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi pada motor semakin berkembang seiring waktu. Biasanya, motor flagship jadi basis untuk mengetes fitur baru yang nantinya dipasang ke produk lain, misalnya radar.

Kymco baru saja membuat paten pada skuter matik (skutik) yang dilengkapi dengan radar di bagian belakang motor. Posisi radar dipasang diantara lampu belakang dan tempat untuk duduk pelat nomor.

Dikutip dari Visordown, radar tersebut bisa digunakan blind spot warning system. Jadi seperti di mobil, sistem tersebut memperingatkan pengendara kalau ada kendaraan lain dari belakang yang kemungkinan tidak terlihat di spion.

Baca juga: Motor Listrik Konsep Kymco Jadi Terfavorit di PEVS 2023

Kymco KRV200RIDEAPART Kymco KRV200

Pada gambar paten, terlihat model motor yang digunakan adalah Kymco KRV 180, salah satu skutik unggulan dari pabrikan Taiwan ini. Secara model tidak ada ubahan, cuma dipasang tambahan radar saja di belakangnya.

Kalau diperhatikan, sistem radar ini serupa dengan yang sudah ada di motor-motor premium, seperti Triumph Tiger 1200 Rally, Ducati Multistrada V4 S, dan KTM 1290 Super Adventure.

Tapi, sistem blind spot detection dan radar assited cruise control ini memang jamak ditemui di motor-motor premium. Jadi jarang teknologi modern ini ditemui di skutik yang sebenarnya cukup murah harganya daripada motor tadi.

Baca juga: Hindari 3 Perilaku Ini supaya Aki Motor Panjang Umur


Artinya, teknologi ini nantinya bisa dinikmati oleh pengguna skutik di perkotaan. Apalagi bisa dibilang kalau di kota, sistem ini lebih diperlukan, di mana kondisi lalu lintas sangat ramai dan cenderung mepet-mepet.

Walau di gambar paten radarnya dipasang di skutik, nantinya tentu teknologi tersebut bisa diterapkan ke motor Kymco yang lain. Jadi, ada tambahan teknologi yang membuat berkendara semakin aman di perkotaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com