Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Street Race Keenam Bakal Digelar di Kemayoran 24-25 Juni 2023

Kompas.com - 10/06/2023, 16:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya akan kembali menggelar Street Race, yaitu ajang balap motor jalanan legal yang difasilitasi polisi untuk para penggemar balap lintasan lurus.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengatakan, Street Race kali ini akan memasuki seri keenam, dan akan kembali digelar di kawasan Kemayoran, pada 24-25 Juni 2023.

"Street Race nanti akan dilaksanakan tanggal 24-25, yaitu di Kemayoran," kata Kombes Latif Usman dalam keterangannya, Sabtu (10/6/2023).

Baca juga: Estimasi Biaya Perbaikan Mesin Mobil Akibat Pakai Oli Palsu

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman (tengah) saat ditemui wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin (22/8/2022).KOMPAS.com/Tria Sutrisna Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman (tengah) saat ditemui wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin (22/8/2022).

Latif berharap Street Race yang rutin digelar ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pebalap jalanan atau pebalap amatir untuk menyalurkan hobi secara lebih positif.

"Nanti saya betul-betul ini udah berjalan yang seri keenam, mudah-mudahan bisa dimanfaatkan oleh pecinta otomotif dan ini bisa menjadi sarana wahana para pecinta yang biasa di jalanan untuk berada kita satukan di suatu tempat yaitu di Kemayoran pada pelaksanaan Piala Kapolda tahun ini," kata dia.

Latif menjelaskan bahwa pembukaan pendaftaran sudah mulai dibuka pada 12 Juni 2023.

Baca juga: Alami Cedera, Joan Mir Absen di MotoGP Italia

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman saat menjajal lintasan balapan Street Race seri keempat di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (2/9/2022).KOMPAS.com/Tria Sutrisna Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman saat menjajal lintasan balapan Street Race seri keempat di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (2/9/2022).

"Mulai tanggal 12 besok sudah dibuka pendaftaran Street Race ini. Sama, hampir sama," kata dia.

Kemudian untuk konsep Street Race kali ini akan sedikit berbeda sebab dekat dengan perayaan HUT ke-77 Bhayangkara pada 1 Juli 2023.

"Tentunya ini dalam rangka perayaan 1 Juli juga nanti ada beberapa konsep kegiatan untuk mengimbangi, mendampingi daripada kegiatan Street Race itu," kata Kombes Latif.

Saat ini Street Race menjadi salah satu kalender balap yang ditunggu pecinta balap, khususnya pecinta balap liar atau yang biasa adu kebut di jalanan.

Baca juga: Perluas Jaringan, Hurricane Buka Cabang Baru di Serpong

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono turut meramaikan Street Race seri kelima di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (28/1/2023). KOMPAS.com/Muhammad Isa Bustomi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono turut meramaikan Street Race seri kelima di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (28/1/2023).

Sebagai contoh, Street Race seri kelima yang digelar di Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 27-29 Januari lalu disambut antusias oleh para pecinta balap jalanan.

Tercatat ada 1.039 peserta dari maksimal 1.800 pendaftar dari berbagai provinsi. Rinciannya yaitu 817 peserta yang berasal dari wilayah DKI Jakarta dan 221 orang dari Jawa Barat. Kemudian terdapat 57 peserta dari Banten, 16 peserta dari Jawa Tengah, dan tujuh orang dari Jawa Timur.

Selain balapan Street Race juga akan dimeriahkan dengan panggung hiburan, bazar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), hingga beberapa atraksi kebudayaan dan freestyle kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com