Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap MotoGP Bicara Peluang Andrea Iannone Kembali Balapan

Kompas.com - 10/06/2023, 14:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Andrea Iannone diberi hukuman larangan balapan selama empat tahun karena kasus doping. Artinya, tahun 2024 dia sudah bisa kembali balapan.

Banyak pabrikan yang diduga akan menerima pebalap berusia 33 tahun tersebut, seperti Ducati, Yamaha, dan lainnya. Tapi, tak sedikit juga yang meragukannya.

Baca juga: Bos Ducati Berharap Iannone Balapan Lagi di MotoGP

Meski demikian, beberapa pebalap MotoGP mengakui talenta luar biasa dari Iannone. Pebalap Italia tersebut mungkin saja bisa kembali ke MotoGP.

Andrea Iannone saat sesi latihan bebas MotoGP Italia, Jumat (1/6/2018).
DOK. SUZUKI Andrea Iannone saat sesi latihan bebas MotoGP Italia, Jumat (1/6/2018).

"Tidak mudah tentunya setelah empat tahun, tapi itu bisa jadi dongeng yang luar biasa," ujar Francesco Bagnaia, dikutip dari Crash.net, Sabtu (10/6/2023).

Maverick Vinales, yang menggantikan Andrea Iannone sebagai rekan setim Aleix Espargaro, yakin Iannone masih bisa kompetitif. Meskipun, tidak pernah mengendarai motor MotoGP selama empat tahun.

Baca juga: Ducati Masih Buka Pintu untuk Andrea Iannone

"Bagi saya, dia memiliki talenta. Saya pikir Anda tidak akan mudah kehilangan itu meski sudah empat tahun tidak balapan," kata Vinales.

Pebalap Ducati asal Italia, Andrea Iannone, memegang trofi setelah finis kedua pada balapan GP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (31/5/2015).AFP PHOTO/GABRIEL BOUYS Pebalap Ducati asal Italia, Andrea Iannone, memegang trofi setelah finis kedua pada balapan GP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (31/5/2015).

"Dia memiliki talenta, tentu saja, Anda akan kesulitan untuk kembali kencang lagi. Tapi, bagi saya, dia memiliki talenta dan dia akan kencang. Saya cukup yakin dengan itu," ujarnya.

Berbeda lagi dengan pendapat Marc Marquez, salah satu rival terdekat Iannone sewaktu di Moto2. Menurut Marquez, Iannone bisa kompetitif lagi, tapi tidak di MotoGP.

Pebalap Pramac Racing asal Italia, Andrea Iannone (tengah), berdiskusi dengan kru tim pada GP Qatar di Sirkuit Losail, Minggu (23/3/204).MOTOGP.COM Pebalap Pramac Racing asal Italia, Andrea Iannone (tengah), berdiskusi dengan kru tim pada GP Qatar di Sirkuit Losail, Minggu (23/3/204).

"Saya punya banyak pertarungan luar biasa dengan Andrea. Saya harap dia kembali lagi, tapi MotoGP bukan tempat untuk kembali setelah empat tahun. Mungkin dia bisa kembali di kategori lain," kata Marquez.

Iannone masuk ke MotoGP pada musim 2013. Selama di MotoGP, Iannone sudah pernah merasakan balapan dengan tiga pabrikan, yakni Ducati, Suzuki, dan Aprilia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com