Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Seorang Bapak Berani Cegat Mobil Polisi Demi Anaknya

Kompas.com - 28/05/2023, 09:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah memperbarui tampilan dari kendaraan dinas atau kendaraan Patroli dan Pengawalan (Patwal) sejak pertengahan tahun 2022.

Tampilan baru ini telah memancing minat sejumlah orang, tak terkecuali seorang ayah ini. DIa memberanikan diri mencegat mobil patwal polisi itu, demi memfoto anaknya yang suka dengan mobil Patwal.

Dilansir dari TikTok @rizkints30 (27/5/2023), tampak sebuah video yang memperlihatkan momen ketika seorang bapak meminta izin untuk foto anaknya di mobil patroli polisi.

Baca juga: Suzuki XL7 Hybrid Siap Meluncur

@rizkints30 Memberikan kebahagian kepada orang lain, walaupun tidak seberapa tapi suatu ibadah ???????????????? #polisibaik #ayahhebat #berkah #polisimasakini #ayah #ayahku #sayanganak #patroligoww???? #polripresisi #polisiindonesia #polisitiktok #goww???? #fyp #fyp? #fypage #foryoupage #capcut #CapCut ? suara asli - -bangRIZKY-

Pada awal video, pemilik akun yang berprofesi sebagai polisi ini tampak membagikan momen ketika dirinya hendak melakukan patroli di jalanan.

Dalam perjalanannya itu, ia dibuat kaget seketika ada seorang bapak yang sedang menggendong anaknya memberhentikan mobilnya.

"Lagi patroli tiba-tiba ada bapak gendong anak berhentiin mobil," tulis pemilik akun dalam keterangan video.

Baca juga: Video WNI Naik Taksi Tanpa Sopir di Amerika, Dikomentari Blue Bird

Setelah berhenti, bapak tersebut meminta izin kepada polisi tersebut untuk memotret anaknya di mobil Patwal yang ia kendarai.

Ia pun mengizinkan si bapak untuk mengambil foto anaknya. Ekspresi kebahagiaan sang anak begitu terlihat ketika bisa berfoto dengan mobil polisi. Si bapak juga terlihat semangat mengambil foto anaknya.

Pemotretan tersebut juga dilakukan dalam berbagai sesi, mulai dari memotret anaknya di atas mobil polisi hingga masuk ke dalam mobil.

Baca juga: Hati-hati Ada Modus Baru, Penipuan yang Incar Pria di Parkiran Mal

Dilansir dari TikTok @rizkints30 (27/5/2023), tampak sebuah video yang memperlihatkan momen ketika seorang bapak meminta izin untuk foto anaknya di mobil patroli polisi.Screenshot TikTok @rizkints30 Dilansir dari TikTok @rizkints30 (27/5/2023), tampak sebuah video yang memperlihatkan momen ketika seorang bapak meminta izin untuk foto anaknya di mobil patroli polisi.

"Bapaknya bilang anaknya pengen foto sama mobil polisi. Anaknya happy bisa masuk mobil polisi biasa main mainan mobil polisi," kata pemilik akun.

Usai pemotretan, si bapak itu pun bersalaman kepada polisi itu sebagai bentuk terima kasih karena telah mengabulkan keinginan anaknya.

Seperti diketahui, ubahan baru mobil Patwal bisa dilihat dari hilangnya warna merah pada sekujur bodi kendaraan.

Baca juga: Video Viral Mobil Parkir di Tempat Sempit, Ternyata Begini Caranya

Dua unit mobil Pengawalan (Patwal) bekas konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali,sedang diuji coba di Kepolisian Resor Kota (Polresta) Solo, Senin (28/11/2022).KOMPAS.COM/Polresta Solo Dua unit mobil Pengawalan (Patwal) bekas konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali,sedang diuji coba di Kepolisian Resor Kota (Polresta) Solo, Senin (28/11/2022).

Biasanya, warna merah ini jadi garis panah yang mengarah ke depan, namun sekarang sudah diganti dengan warna putih.

Jadi jika dilihat saat ini, maka mobil dan motor Patwal sudah tidak ada aksen merahnya lagi, tersisa warna biru dan putih.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santhyabudi, mengatakan, perubahan warna garis dari merah ke putih ini mendasari pada Permenhub tentang perambuan merah, kuning, dan hijau.

Baca juga: Mitos atau Fakta Kecepatan Innova Reborn Diesel Mentok 200 Kpj?

Mobil Patwal Jawa Barat Kona ElectricDOK. PROSIGNAL INDONESIA Mobil Patwal Jawa Barat Kona Electric

"Saya pernah melempar satu pertanyaan kenapa warna merah? Maknanya apa? Setelah sekian tahun kita pakai warna merah dan itu oke-oke saja, kira-kira jadi ada evaluasi yang kita lakukan," ujar Firman, kepada media di Polda Metro Jaya, Jakarta (13/6/2022).

Menurutnya, warna merah pada mobil dinas kepolisian tidak ada maknanya. Fungsinya hanya menjadi pembeda antara kendaraan sipil dengan Patwal. Perubahan jadi putih punya tujuan agar lebih mencolok di jalan.

"Sekarang speknya saya naikkan warnanya menjadi putih dan harus spotlight seperti seragam yang saya pakai mungkin ada sedikit perbedaan, sedang kita usulkan perubahannya," kata Firman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com