Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaim Daihatsu Soal Mesin 3 Silinder All New Ayla

Kompas.com - 13/05/2023, 09:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Beda dengan sebelumnya yang menggunakan 4 silinder, generasi baru Daihatsu Ayla kini hadir dengan mesin 1.200 cc 3 silinder berkode WA-VE.

Hal ini mendatangkan banyak pertanyaan, terutama terkait masalah kemampuan dan performanya dibandingkan versi lawas.

Padahal, Daihatsu mengklaim dengan mesin terbaru yang sebelumnya sudah digunakan pada Rocky 1.2L, secara performa mengalami peningkatan.

Anjar Rosjadi, R&D Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, mesin 1.200 cc yang digunakan Ayla baru secara keseluruhan lebih baik dari 4 silinder yang sebelumnya.

Baca juga: Sri Mulyani Anggarkan Pembelian Kendaraan Listrik buat PNS, Ini Rinciannya

Mesin 3 silinder 1.200 cc yang digunakan All New Daihatsu AylaKOMPAS.com/STANLY RAVEL Mesin 3 silinder 1.200 cc yang digunakan All New Daihatsu Ayla

"Otomatis dengan penggunaan mesin 3 silinder ini bobotnya jadi berkurang secara total dibanding yang lama. Mesin sama dengan yang digunakan Rocky 1.200 cc, tapi beda tuning saja," ujar Anjar saat media test drive New Ayla di Yogyakarta, Jumat (12/5/2023).

Menurut Anjar, aplikasi mesin baru pada Ayla pada dasarnya dilakukan untuk melakukan peningkatan secara perfoma dan efisiensi.

Berdasarkan data spesifikasi, mesin 1.2 WA-VE pada generasi baru Ayla mampu menyuplai tenaga sebesar 88 Ps atau sekitar 86,7 tk pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm di 4.500 rpm.

Sementara mesin 3NR-VE 4 silinder yang sebelumnya digunakan pada generasi lawas Ayla, tenaganya 86,5 tk dan torsi 107,6 Nm. Artinya memang ada peningkatan.

Baca juga: Mengenal Arti dan Fungsi Huruf B pada Transmisi All New Ayla

"Dengan torsi yang lebih besar, saat awal berjalan pengendara tak perlu terlalu dalam menekan pedal gas," kata Anjar.

Selain itu, dengan penggunaan platform DNGA serta sistem transmisi D-CVT, membuat bobot Ayla baru juga berkurang. Tepatnya lebih ringan bila dibanding model lawas.

test drive Daihatus New Ayla di KaliurangKOMPAS.com/STANLY RAVEL test drive Daihatus New Ayla di Kaliurang

Anjar menegaskan, secara konsep pada dasarnya dengan DNGA Daihatsu berusaha menghadirkan mobil yang punya kualitas baik dan harga juga terjangkau.

"Kalau secara bobot dibandingkan transmisi matik AT atau CVT, masih lebih ringan yang CVT. Kalau dibandingkan Ayla sebelumnya, efisiensi (Ayla baru) di atas 10 persen lebih baik secara keseluruhan ya," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com