Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Pastikan Semua Produk di Indonesia Bebas Skandal Uji Tabrak

Kompas.com - 12/05/2023, 12:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM), kembali menegaskan bila skandal manipulasi terkait tes tabrak yang sempat ramai beberapa hari lalu tak melibatkan produk yang diproduksi di Indonesia.

Marketing Planning & Communication Director ADM Sri Agung Handayani mengatakan, masyarakat tak perlu khawatir dan tetap bisa berkendara aman dan nyaman menggunakan produk Daihatsu.

“Jadi isu yang terakhir sudah diberikan klarifikasi juga untuk yang berita pastinya, baik itu press conference yang ada di Jepang, terakhir kemarin di Thailand, maupun di Malaysia. Sekali lagi, kami pastikan untuk produksi Daihatsu di Indonesia tidak terdampak sama sekali,” ucap Agung kepada media saat sesi test drive All New Ayla di Yogyakarta, Kamis (11/5/2023).

Baca juga: Mengenal Arti dan Fungsi Huruf B pada Transmisi All New Ayla

Agung menyampaikan, semua mobil Daihatsu yang diproduksi dan dipasarkan untuk pasar Indonesia sudah memenuhi persyaratan sesuai regulasi yang diterapkan.

All New Daihatsu Ayla CVTKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Daihatsu Ayla CVT

Dengan demikian, terkait masalah skandal isu tes tabrak tersebut, dipastikan tidak berpengaruh.

“Jadi kalau kita mengeluarkan mobil di Indonesia itu sudah memenuhi semua yang disyaratkan dalam proses homologasi. Jadi sekali lagi, requirement itu sudah kami penuhi,” ujarnya.

Sebelumnya dikabarkan bila Daihatsu dilaporkan telah melakukan modifikasi pada bagian sisi samping pintu guna meminimalkan risiko agar tidak mengalami kerusakan parah sehingga menyebabkan penggunanya bisa mengalami luka-luka.

Baca juga: ADM Pastikan Indonesia Aman dari Skandal Uji Tabrak

Daihatsu Ayla 1.0 X MTKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Daihatsu Ayla 1.0 X MT

Adapun produk yang terlibat sebanyak 76.289 unit Toyota Yaris ATIV atau Vios produksi Agustus 2022 dan kembaran Daihatsu Ayla, yakni Perodua Axia dengan jumlah 11.834 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com