Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Gelombang Kedua, Perhatikan Cara Menata Bagasi Mobil yang Benar

Kompas.com - 28/04/2023, 18:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian pemudik telah kembali ke Jakarta setelah merayakan Lebaran di kampung halaman. Namun, masih ada yang mudik karena libur sekolah belum usai.

Dikutip dari Kompas.com, jadwal masuk sekolah untuk provinsi DKI Jakarta, dan Jawa Barat sampai 2 Mei 2023 karena ditambah libur akhir pekan dan Hari Buruh Nasional.

Pastikan dalam perjalanan arus balik mobil tidak diisi oleh barang bawaan yang melebihi dari kapasitas bagasi. Bawalah oleh-oleh secukupnya dan perlu ditata dengan benar di dalam mobil.

Baca juga: Risiko Jadikan Atap Mobil sebagai Bagasi Tambahan

Kepraktisan bagasi Mitsubishi Xpander CrossKOMPAS.com/GILANG Kepraktisan bagasi Mitsubishi Xpander Cross

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan tidak ada larangan untuk membawa oleh-oleh dari kampung halaman, namun jangan sampai bagasi mobil terisi terlalu penuh dan membahayakan.

“Barang bawaan harus ditata yang benar di dalam bagasi mobil, pastikan barang paling berat ada di bagian bawah dan diletakkan seimbang antara kanan dan kiri,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Kamis (27/4/2023).

Ibrohim mengatakan salah satu tujuan penataan bagasi ini untuk mencegah barang bawaan bergoyang-goyang di dalam mobil, karena hal itu bisa mempengaruhi keseimbangan kendaraan saat melaju pada kecepatan tinggi.

Baca juga: Memaksimalkan Bagasi Mitsubishi Xpander Cross buat Mudik Lebaran

Bagasi Honda BR-V KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bagasi Honda BR-V

Selain itu, penting juga memastikan dimensi bagasi yang dibawa. Ibrohim mengimbau, pengendara tidak membawa barang bawaan terlalu banyak hingga menutup kaca mobil belakang atau lebih tinggi dari sandaran tempat duduk.

“Bagasi yang over dimensi dapat menghalangi pandangan pengemudi, sehingga sisi belakang mobil tidak terawasi dengan baik, selain itu barang bawaan yang lebih tinggi dari sandaran tempat duduk juga berpotensi terjatuh ke depan ketika mobil mengerem mendadak atau kecelakaan,” ucap Ibrohim.

Ibrohim juga mengatakan pengguna mobil untuk memastikan pintu bagasi mobil dapat tertutup dengan rapat, dengan demikian keamanan menjadi lebih terjamin selama perjalanan balik menuju kota tujuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com