Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memaksimalkan Bagasi Mitsubishi Xpander Cross buat Mudik Lebaran

Kompas.com - 16/04/2023, 11:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Jawa 2023 Lintas Selatan sudah sampai di Yogyakarta dari Cilacap, pada Sabtu (15/4/2023). Total tim akan melakukan perjalanan selama 10 hari hingga titik akhir di Karawang, Jawa Barat.

Merapah Trans-Jawa 2023 kali ini melewati jalur yang berbeda dengan menyusuri jalur alternatif selatan Jawa, karena sebelumnya jalur ini kurang populer untuk jalur mudik lebaran.

Bersama Mitsubishi, tim Kompas.com menempuh perjalanan mulai dari Jakarta, Palabuhan Ratu, Pangandaran, Cilacap, Yogyakarta, Pacitan, Malang, Semarang, Cirebon, dan akan mengakhiri perjalanan di Karawang, Jawa Barat.

Baca juga: Viral Pesan Berantai Tambal Ban Online Gratis di Solo, Ini Faktanya

Kepraktisan bagasi Mitsubishi Xpander CrossKOMPAS.com/GILANG Kepraktisan bagasi Mitsubishi Xpander Cross

Perjalanan yang panjang ini tentunya harus disiapkan dengan membawa barang bawaan yang cukup banyak. Setiap mobil diisi empat orang dengan bangku baris ketiga yang dilipat, untuk menaruh tas atau koper.

Secara akomodasi, bagasi Mitsubishi Xpander Cross cukup lega, apalagi saat bangku baris ketiga dilipat rata lantai. Bagasi dapat membuat enam koper berukuran sedang serta beberapa dua ransel ukuran kecil.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, ada beberapa tips buat pemudik yang ingin membawa barang bawaan cukup banyak untuk perjalanan jauh.

Baca juga: PO Dali Jaya Mandiri Punya Bus AKDP Baru

Mitsubishi New Xpander CrossKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mitsubishi New Xpander Cross

"Pertama tambahkan pengaman berupa cargo net supaya barang tidak bergeser dan mengganggu konsentrasi pengemudi," kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kemudian, peletakan barang yang penampangnya lebar, seperti tas bisa menghadap ke atas atau bawah, jadi dudukannya lebih stabil. Lalu taruh barang yang berat di paling bawah kalau misal mau ditumpuk dan yang ringan di atasnya.

"Posisikan barang searah ke depan untuk memudahkan keluar masuk. Lalu persiapkan barang yang sering digunakan sepanjang perjalanan di paling atas agar mudah mengambilnya," kata Sony.

Sony menyarankan agar menghindari menumpuk barang yang berupa cairan. Selain itu jangan membawa barang yang mudah terbakar, meledak, berbau menyengat dan tajam.

Baca juga: Honda Pasang Teknologi Anti-jatuh buat Gold Wing

Fitur AYC mulai dirasakan ketika tim Merapah Trans-Jawa 2023 Lintas Selatan masuk ke daerah Sukabumi ke arah Palabuhan Ratu via jalur Cikidang, kemudian berlanjut ke Ciletuh dan lanjut ke PangandaranKOMPAS.com/Gilang Fitur AYC mulai dirasakan ketika tim Merapah Trans-Jawa 2023 Lintas Selatan masuk ke daerah Sukabumi ke arah Palabuhan Ratu via jalur Cikidang, kemudian berlanjut ke Ciletuh dan lanjut ke Pangandaran

"Terakhir ketinggian barang tidak lebih dari sandaran jok (untuk visibilitas ke belakang) dan kalau pakai roof box, pastikan hanya diisi barang yang ringan. Hal ini dilakukan supaya tidak mengganggu keseimbangan kendaraan," ucap dia.

Selain bagasinya yang lega, Xpander Cross memiliki beberapa penyimpanan di baris pertama dan kedua. Misal ada cup holder di depan dan kantung di balik bangku pengemudi dan penumpang depan.

Kemudian ada rak kecil yang sanggup menampung barang seberat 2 kg yang terletak di bagian bawah jok penumpang depan. Hal ini sangat membantu membawa barang bawaan yang sering digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com