Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Harus Dilakukan Pemudik Saat Mobil Overheat di Jalan Tol

Kompas.com - 15/04/2023, 18:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perjalanan mudik lebaran tidak selalu mulus dan lancar. Risiko kendala dan hambatan bisa datang tiba-tiba, baik karena kurangnya persiapan sebelum mudik, atau karena kondisi apes alias tidak mujur.

Satu kendala yang bisa dihadapi oleh para pemudik adalah mengalami overheat mesin mobil saat berkendara di jalan tol. Ini situasi yang menakutkan, tapi cukup sering dijumpai.

Noval Al-Hudah, Teknisi Mitsubishi Prabu Pendawa Motor mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan mesin mobil overheat, yakni faktor teknis dan faktor non-teknis.

“Kalau faktor teknis kendalanya berupa air radiator habis, bisa karena lupa diisi atau terjadi kebocoran di tangki radiator. Kendala lainnya adalah ekstra fan lemah, sehingga tidak bisa mendiginkan radiator,” ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (14/4/2023).

Baca juga: Cara Mudah Melakukan Jump Start Aki Mobil

Proses pembersihan sisa coolant di sambungan selang radiatorKompas.com/Erwin Setiawan Proses pembersihan sisa coolant di sambungan selang radiator

Faktor kedua adalah faktor non-teknis. Menurut noval, faktor ini bisa dianggap debagai apes alias tidak mujur, karena overheat mobil terjadi akibat sebab dari luar.

“Misalnya selang radiator digigit tikus. Sempat ada kasus pemudik yang mengalami overheat setelah tidur di rest area. Baru jalan sekitar 10 kilometer, indikator overheat nyala,” kata dia.

Noval membagikan beberapa anjuran jika pemudik mendapati situasi mobil overheat saat sedang dikendarai. Poin pertama yang wajib diperhatikan adalah tetap tenang dan menyalakan lampu hazard sembari menepi di bahu jalan. Sikap tenang dan tidak panik akan sangat berperan dalam situasi ini.

Setelah mobil menepi, buka kap dan cukup perhatikan mesin sembari memperkirakan kerusakan apa yang terjadi. Ingat, jangan membuka reservoir karena mobil baru digunakan dan mesin masih dalam keadaan panas.

Baca juga: Mudik Lintas Pansela, Pentingnya Istirahat dan Jaga Kondisi Badan

Ilustrasi mobil mengalami overheatZulfana K. Rijal Ilustrasi mobil mengalami overheat

“Untuk awalnya, cukup perhatikan saja dari luar sembari menunggu sekitar 10 menit sampai 15 menit,” kata Noval.

JIka mobil rest area terdekat berjarak tidak terlalu jauh, mobil bisa tetap digunakan selama indikator temperatur sudah mati. Jika lampu indikator menyala, mobil harus berhenti di bahu jalan dan diam sejenak.

“Jalan pelan-pelan dan sesekali ketika indikator mati itu masih boleh. Pokoknya jangan dipaksa jalan ketika indikator menyala! Efeknya fatal, radiator bisa robek dan menganga dan terjadi kebocoran di banyak komponen,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com