Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Ninja Jatuh Disambar Ban Truk yang Copot

Kompas.com - 27/03/2023, 15:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pentingnya jaga jarak dari kendaraan besar seperti truk dapat membuat perbedaan dalam keselamatan. Seperti video viral di media sosial di mana motor jatuh karena sambaran ban truk.

Dalam video yang diunggah akun Instagram, Automotips Id, terlihat pengendara Kawasaki Ninja jatuh saat berada di belakang truk karena ban belakangnya copot dan mengenai pengendara motor.

"Lolos dari sambaran truk, malah kejeblos ban truk... sial emang tak kemana," kata salah satu netizen dikutip Kompas.com, Senin (27/3/2023).

Baca juga: Ketahui Jam Macet di Jawa Tengah Selama Bulan Ramadhan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Automotips???????? (@automotips_ind)

 

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, banyak kejadian di luar perkiraan saat berada di jalan. Karena itu untuk mencegah hal buruk terjadi pengendara motor mesti paham soal jaga jarak.

Agus mengatakan, berkendara dengan tidak menjaga jarak yang cukup sebenarnya bisa mencelakai diri sendiri.

"Mereka sudah terbiasa dan kebanyakan belakar otodidak, jadi hanya paham dalam pengoperasian saja, tidak paham cara aman dalam berkendara," ucap Agus kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Pengendara yang tidak menjaga jarak aman sangat rawan terlibat tabrakan beruntun. Hal ini dikarenakan tidak ada ruang bagi motor untuk bisa mengerem saat mobil di depannya rem mendadak atau dalam hal ini ban yang copot.

Baca juga: Bahaya, Jangan Pakai Earphone Saat Naik Motor

PT Astra Honda Motor (AHM) mengirimkan 5 perwakilan instruktur safety riding untuk bersaing di ajang The 1st Asia & Oceania Safety Instructors Competition, di Honda Safety Riding Park, Phuket, Thailand pada 2-4 Februari 2023.Foto: AHM PT Astra Honda Motor (AHM) mengirimkan 5 perwakilan instruktur safety riding untuk bersaing di ajang The 1st Asia & Oceania Safety Instructors Competition, di Honda Safety Riding Park, Phuket, Thailand pada 2-4 Februari 2023.

"Jaga jarak aman bagi pengendara motor itu penting. Dengan jarak yang tepat, sesuai dengan kecepatan, maka akan lebih aman saat terjadi pengereman mendadak," kata Agus.

Selain terlibat tabrakan beruntun, pengendara tidak tahu kondisi lalu lintas di depannya. Jadi bisa saja ada mobil yang 'mengolongi' lubang yang besar dan motor tidak sempat mengerem dan pengendaranya terjatuh.

"Paling parah ya tabrakan beruntun karena bisa melibatkan banyak orang. Selain itu, kita jadi sulit mengantisipasi apabila ada situasi yang mendadak," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com