Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Mobil Baru yang Tidak Bisa Dipakai buat Mudik Lebaran

Kompas.com - 13/03/2023, 13:23 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beragam kesiapan dari pabrikan otomotif nasional menyambut Lebaran 2023 tengah dilakukan.

Hal tersebut agar seluruh pembelian kendaraan bermotor jelang Hari Raya Idul Fitri, bisa terpenuhi seluruhnya. Diharapkan konsumen bisa menggunakan mobil baru untuk berlibur Lebaran.

Meski begitu, pada kenyataannya tak semua unit tersedia mobil baru tersedia untuk dijual ke konsumen, terutama untuk Nomor Identifikasi Kendaraan Bermotor (NIK) 2023. Beberapa masih berstatus inden, dengan masa tunggu yang beragam tergantung dari model, tipe hingga warna.

Baca juga: Jangan Abai, Ini Ciri Ban Mobil yang Sudah Membutuhkan Balancing

Seperti contoh dari pabrikan Honda, hanya ada beberapa mobil dengan tipe tertentu yang memiliki masa inden panjang, sehingga tidak bisa digunakan oleh konsumen untuk mudik Lebaran.

“Kalau Honda sekarang yang inden WR-V semua tipe, dan HR-V untuk warna coklat atau Khaki. Estimasi diterima konsumen baru dua bulan setelah SPK,” ucap tenaga penjual Honda, kepada Kompas.com, Senin (13/3/2023).

Selain Honda, mobil Toyota Innova Zenix khususnya yang varian Hybrid juga memiliki masa tunggu yang cukup lama.

Honda WR-V di IIMS 2023HPM Honda WR-V di IIMS 2023

“Innova Zenix hybrid inden, sampai akhir tahun depan. Kalau untuk Agya inden satu bulan tergantung tipe,” ujar tenaga penjual Toyota.

Sementara untuk Daihatsu, berdasarkan penuturan tenaga penjual hampir semua unit tersedia untuk digunakan pada periode Libur Lebaran April mendatang.

“Daihatsu Rocky, Xenia, Terios, Sigra, NIK 2023 ready. Untuk Daihatsu Ayla juga ada beberapa tipe yang ready, harus di cek dulu,” ucap tenaga penjual Daihatsu.

Suzuki Grand Vitara di JAW 2023Aprida Nanda Mega/Kompas.com Suzuki Grand Vitara di JAW 2023

Adapun untuk Suzuki, bagi Anda yang berniat meminang Grand Vitara, nampaknya harus bersabar. Sebab, flagship SUV dari Suzuki itu memiliki masa inden sekitar dua sampai tiga bulan.

Baca juga: Mengemudikan Mobil Saat Hujan Abu, Bawa Botol Air dan Lap

“Suzuki Grand Vitara kalau tidak meleset bulan Juni atau Juli baru bisa di delivery ke konsumen. Selain itu, Baleno yang hero color, dan Jimny NIK 2023 juga inden,” kata tenaga penjual Suzuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com