Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gajah Tunggal Berminat Bikin Ban Khusus Mobil Listrik Wuling Air ev

Kompas.com - 09/03/2023, 13:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban mobil GT Radial, berminat untuk memproduksi ban khusus mobil listrik. Termasuk untuk Wuling Air ev yang ukuran bannya cukup 'ajaib'.

Ukuran bannya disebut ajaib, karena tidak normal untuk ban mobil pada umumnya yang dipasarkan di Indonesia. Air ev menggunakan pelek berukuran 12 inci dengan ban berukuran 145/70 R12.

Baca juga: Jangan Sembarangan Modifikasi Audio Wuling Air EV, Garansi Bisa Hangus

Pilihan ban dengan diameter 12 inci sangat jarang ditemukan. Maka itu, pemilik Air ev mungkin akan kesulitan ketika ingin mengganti ban.

Modifikasi mobil listrik Wuling Air ev di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023Christina Hartati Phan Modifikasi mobil listrik Wuling Air ev di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023

Product Marketing Manager PT Gajah Tunggal Tbk Eko Suptiyatin, mengatakan, pihaknya tertarik untuk menyediakan ban khusus mobil listrik dengan ukuran 12 inci untuk Air ev.

“Sedang diupayakan, Air ev kan bannya ukuran 12-inci ya. Kita sedang siapkan prototipenya, sedang kami studi ke sana," ujar Eko, kepada wartawan, saat peluncuran GT Radial Savero AT Pro, di Gajah Tunggal Proving Ground, di Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/3/2023).

Baca juga: Referensi Modifikasi Mobil Listrik Wuling Air ev di IIMS 2023

"Begitu pula yang untuk ban besar seperti (Hyundai) Ioniq (5). Tapi, waktunya kapan kita belum tahu, soalnya terkait dengan hal lain," kata Eko.

Modifikasi mobil listrik Wuling Air ev di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023Dok. Wuling Modifikasi mobil listrik Wuling Air ev di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023

Jika ingin menggunakan ban dengan ukuran yang lebih banyak di pasaran, menurut Reindy Riupassa, modifikator dari BTX Concept, Air ev bisa diganti dengan pelek berdiameter 14 inci.

“Tips modifikasi Wuling Air ev, pakai pelek yang pas. Menurut saya, yang pas itu ring 13-14, karena kalau 15 sudah terlalu over dan besar,” ujar Reindy, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com