Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Sistem e-Latch di All New Lexus RX

Kompas.com - 25/02/2023, 12:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - All New Lexus RX mempunyai fitur e-Latch yang memudahkan penumpang untuk membuka, menutup dan mengunci pintu. Sistem ini juga disebut sebagai Lexus Digital Latch dan diklaim sangat berguna.

Dari luar gagang pintu Lexus terkesan seperti gagang pintu biasa namun di bagian belakangnya ada tombol untuk membuka pintu. Penumpang tinggal memencet tombol dan pintu terbuka jadi tidak perlu menarik gagang.

Baca juga: Jelang Berakhirnya IIMS 2023, SPK Honda Tembus 700 Unit

Meski saat dipencet pintu tidak secara otomatis membuka seperti pintu belakang atau bagasi,  dengan sistem e-Latch terasa ada perbedaan ketimbang pintu biasa yang pakai gagang model tarik.

Lexus RX 350h Luxury KOMPAS.com/Adityo Wisnu Lexus RX 350h Luxury

Lexus mengatakan sistem e-Latch membuat pintu lebih mudah dibuka dengan lebih sedikit tenaga.

Keunggulan lainnya, sistem e-Latch juga berintegrasi dengan sistem peringatan keselamatan aktif. Penumpang dari dalam tidak bisa membuka pintu jika sensor mendeteksi ada kendaraan lain atau motor yang mendekat di pintu.

Bansar Maduma, General Manager Lexus Indonesia, mengatakan, fitur ini sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari dan mencegah kecelakaan saat akan membuka pintu di kondisi lalu-lintas yang sibuk.

"Fitur ini berguna kehidupan sehari-hari di lalu-lintas Indonesia saat membuka pintu kadang motor lewat sepeda lewat akhirnya ditabrak," kata Bansar saat peluncuran All New Lexus RX awal pekan ini.

Baca juga: Pameran Kendaraan Listrik Periklindo Siap Bergulir Mei 2023

Lexus RX 350h Luxury KOMPAS.com/Adityo Wisnu Lexus RX 350h Luxury

"Nah dengan fitur ini tak perlu khawatir setiap buka pintu fitur akan memberikan peringatan dan otomatis mencegah penumpang membuka pintu karena (sistem) elektronik membaca ada bahaya dia tidak akan terbuka. Ini akan otomatis mencegah membuka pintu ketika kondisi sekitar belum aman," kata dia.

Bansar mengatakan sensor ini akan bekerja antara 6-11 meter dari kendaraan tergantung kondisi dan situasi.

"Kalau dari observasi kami di sekitaran 6-11 meter berganatung kondisi saat kejadian itu ada halangan atau seperti apa," ujar Bansar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com