Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Isi Bensin Saat Malam Hari Takarannya Lebih Banyak

Kompas.com - 21/02/2023, 17:12 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggapan dan mitos pengisian bahan bakar sering dikaitkan pemilik kendaraan. Tujuannya, untuk mendapatkan keuntungan dalam pembelian, terutama masalah takaran dan penguapan. 

Seperti dikatakan sebagian pemilik mobil, yaitu mengisi bahan bakar saat malam hari diklaim hasilnya lebih banyak. 

Bila dijelaskan, hal itu berhubungan dengan kondisi cuaca dan lingkungan. Kebanyakan orang percaya bahwa udara yang dingin tekanan di dalam tangki pun menjadi padat. Lantas benarkah BBM jumlahnya lebih banyak? 

Dosen Konversi Energi Otomotif Universitas Negeri Semarang (Unnes) Widya Aryadi mengatakan, belum tentu sedemikian besar pengaruhnya. Asumsinya, volume bahan bakar dan tekanan udara karena suhu dan cuaca sifatnya sementara. 

Ia menjelaskan, kandungan udara dingin atau panas yang masuk di dalam tangki akan berdiri sendiri-sendiri. Nantinya, cairan bahan bakar terkompresi pembakaran mesin, tetapi udara hanya masuk sebagai sirkulator di ruang hampa. 

Petugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat. DOK. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO. Petugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat.

"Tidak ada pengaruhnya, isi bahan bakar memang dikatakan padat karena sifat udara yang mengisi tempat kosong. Tapi, bensin kan hidrokarbon, istilahnya nanti memisahkan diri. Udara, air, dan bahan bakar, tidak mungkin menyatu," tutur Widya.

Baca juga: Ini Efeknya jika Tangki BBM Sering Kosong 

Namun demikian, Widya menambahkan, suhu bahan bakar tetap turun bila cuaca dingin. Hanya saja, menurutnya, udara berubah sesuai sifat alamiah, kondensasi akan menciptakan kandungan air yang tinggi. 

Bukan menjadi padat, tetapi kata dia, perhitungan bobot massa bahan bakar bertambah berat, namun termanipulasi. Antara bahan bakar, dan air seperti menunjukkan isi tangki benar-benar penuh. 

lubang untuk air bisa tersumbat yang menyebabkan air masuk ke tangki BBMKompas.com/Erwin Setiawan lubang untuk air bisa tersumbat yang menyebabkan air masuk ke tangki BBM

"Sepintas penuh, full tank. Tapi, kan ada kandungan lain selain bahan bakar murni. Air mengendap di dasar, bensinnya larut ke mesin," kata Widya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com