Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedai Kopi Wuling di IIMS 2023, Pakai Formo Max Pikap

Kompas.com - 21/02/2023, 16:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Wuling menjadi salah satu booth yang meramaikan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Dari beberapa unit andalan yang dipamerkan oleh Wuling, ada salah satu kendaraan yang menarik perhatian pengunjung. Unit tersebut yaitu sebuah mobil yang menjadi konsep kedai kopi berjalan.

Mobil ini merupakan hasil modifikasi dari kendaraan niaga Wuling Formo Max yang awal tahun 2023 baru dijual oleh Wuling di Indonesia.

Baca juga: Begini Langkah Menangani Freon AC Mobil yang Sering Berkurang

Marketing Kopi Nako Azmi Boy mengatakan jika modifikasi yang dilakukan oleh kendaraan ini adalah bagian deck bodi yang dibuat dengan tinggi 180 cm.

“Jdi tim operasional kami dengan tinggi 170 cm atau 175 cm tidak akan kepentok bagian atas mobil ini saat ada di dalamnya. Kemudian, di bagian kabin juga sudah dimodifikasi, sudah ada air bersih dan pembuangan air kotor. Untuk bagian listrik sudah diatur agar kuat 8.000 watt sehingga cukup untuk mesin kopi, dan mesin ice cream agar es tahan tidak cair di mobil ini,” kata Boy di IIMS 2023, Selasa (21/2/2023).

Boy menjelaskan, sebelum dimodifikasi kendaraan ini masih berupa pikup. Begitu dimodifikasi oleh karoseri, ada beberapa perubahan dengan menambah deck bodi dan itu disematkan meja lipat dari papan pada bodi samping.

Azmi Boy Marketing Kopi Nako di depan Modifikasi Wuling Formo MAx yang ada di IIMS 2023KOMPAS.com/JANLIKA PUTRI Azmi Boy Marketing Kopi Nako di depan Modifikasi Wuling Formo MAx yang ada di IIMS 2023

Pengerjaannya sendiri memakan waktu kurang lebih sebulan, sementara itu dua minggu sebelumnya tim Kopi Nako berdiskusi terlebih dahulu dengan pihak karoseri selama dua minggu.

Untuk budget yang dikeluarkan dalam pembuatan mobil kedai kopi keliling ini Boy menyebutkan menghabiskan dana kisaran di bawah Rp 100 juta.

“Karoserinya di Bogor, namanya PT Putra Ganda Jaya Pratama atau DSP Styling. Untuk proses mobil dari masuk karoseri hingga selesai kurang lebih satu bulan. Hal ini karena kita minta diprioritaskan mobil ini bisa rampung untuk bisa di pamerkan di IIMS 2023,” kata Boy.

Baca juga: Punya Uang Rp 40 Juta, Bisa Dapat Motor Apa Saja di IIMS 2023?

Boy juga menjelaskan mengapa memilih Wuling Formo sebagai mobil operasional karena konsep dan idealis dari Wuling dan Kopi Nako serupa, alhasil kedua pihak ini memutuskan untuk melakukan kerjasama.

“Tapi secara operasional sangat cocok karena memudahkan barista kami juga, secara luas sangat ergonomis. Bahkan kita mau memperbanyak lagi menggunakan Wuling dua unit lagi dan masih dalam pengerjaan,” kata Boy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com