Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyapa Omoda 5 Listrik yang Siap Meluncur Tahun Ini

Kompas.com - 14/02/2023, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

 

WUHU, KOMPAS.com - Tak hanya bertemu Omoda 5 versi konvensional, dalam kunjungan ke ruang modeling di markas besar Chery yang berada di Wuhu, China, redaksi juga berkesempatan melihat langsung versi listriknya.

Sekilas nampak sama, namun bila diperhatikan, Omoda 5 listrik punya tampilan yang lebih futuristik dari versi konvensional.

Meski demikian, karena menjadi ruangan khusus untuk model-model Chery terbaru, maka ada kebijakan yang harus diikuti, yakni tak diizinkan mengambil dokumentasi satu pun di dalamnya.

Baca juga: Bahas Konsep Omoda 5 Langsung dengan Desainernya

Tapi sebagai gambaran, Omoda 5 versi listrik tetap mengusung konsep besar Art in Motion. Bedanya dari model konvensional terlihat dari desain bumpernya. 

Omoda 5 di Wuhu, ChinaKOMPAS.com/STANLY RAVEL Omoda 5 di Wuhu, China

Desain bumper dibuat polos tanpa ada kisi-kisi untuk gril. Hal ini sepertinya memang sudah menjadi ciri khas umum pada kebanyakan mobil listrik yang sudah beredar saat ini.

"Dengan gril tertutup, gerak udara dari mobil akan lebih baik, jadi berkaitan dengan aerodinamis," ucap Chief Design Chery International Steven Eum , di Wuhu, Kamis (10/2/2023).

Untuk dimensi keseluruhan, Omoda 5 listrik memiliki panjang 4,4 meter, tinggi 1,83 meter, lebar 1,59 meter, dan wheelbase atau jarak sumbu roda 2,63 meter.

Dari spesifikasi performa, versi listrik dari crossover ini mengandalkan motor sinkron magnet permanen yang diklaim memiliki tenaga 150 kW atau setara 204 Tk. Dalam kondisi penuh, daya jelajahnya mencapai 450 kilometer (km).

Baca juga: Ini Estimasi Harga Omoda 5, Resmi dari Petinggi Chery Indonesia

Pengisian daya cepat DC dari 20 persen ke 80 persen mampu diselesaikan dalam waktu 30 menit. Selain itu, Omoda 5 juta dibekali pengisian arus AC untuk baterai yang berdaya 82kWh.

Omoda 5 di Wuhu, ChinaAmal Gozali Omoda 5 di Wuhu, China

Omoda 5 EV menjadi produk global yang rencanya akan melakukan debut perdana pada tahun ini. Momen tersebut juga sekaligus menandakan kesiapannya untuk segera dipasarkan.

Sebelumnya, sudah ada informasi bila Omoda 5 listrik juga masuk untuk pasar di Tanah Air pada akhir 2023 ini. Bila benar, artinya ini menjadi bukti konsistensi Chery ikut bermain di segmen kendaraan ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com