Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Marc Marquez Kendarai RC213V Tanpa Winglet Saat Tes Sepang

Kompas.com - 14/02/2023, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada pemandangan yang berbeda saat hari terakhir sesi tes pramusim MotoGP Sepang 2023, Minggu (12/2/2023).

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez terlihat mengendarai RC213V tanpa winglet depan seperti biasanya. Tak hanya itu, motor Marquez juga tidak dilengkapi dengan fairing ground atau komponen aerodinamika apapun seperti motor MotoGP lainnya.

Pemandangan ini tentu tidak biasa, mengingat pentingnya aerodinamika untuk mesin MotoGP modern, Marquez justru tampil dengan motor yang begitu polos seperti musim 2018.

Baca juga: Soal Performa Motor RC213V, Marquez Tak Ingin Intervensi Teknisi Honda

Dikutip dari The Race, Senin (13/2/2023), rider yang mendapat julukan The Baby Alien itu mengaku mendapat permintaan dari Direktur Teknis Honda yang baru Ken Kawauchi.

Marquez diketahui melakukan dua lap dengan tampilan RC213V tanpa winglet untuk mempelajari informasi fundamental dari tunggangannya.

“Saya pikir tidak ada yang akan melihat saya mencoba motor Honda tanpa winglet. Direktur teknis baru (Ken Kawauchi) di Honda, dia ingin memahami banyak hal tentang konsep tersebut,” ucap Marquez.

Marc Marquez datang ke tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia dengan semangat penuh. Foto: Crash.net Marc Marquez datang ke tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia dengan semangat penuh.

“Hal ini membuat hidup menjadi sangat sulit bagi seorang pebalap saat tes, tapi tentu saja orang di dalam Honda yang paling berpengalaman berkendara adalah saya, dan mereka memilih saya untuk mencoba semua hal eksperimental ini hanya untuk memahaminya,” lanjutnya.

Marquez sebenarnya menjadi salah satu rider yang kurang mendukung perangkat aerodinamika. Sebab, menurutnya komponen tersebut bisa mempersulit rider ketika hendak menyalip. Namun di sisi lain, rider berusia 29 tahun ini mengaku kesulitan ketika balapan tanpa winglet karena sudah terbiasa.

Baca juga: Cara Buka Bagasi Honda Scoopy Saat Baterai Remote Habis

“Kami mencoba banyak hal untuk mereka di atas motor selama tiga hari ini, dan saya harap mereka mendapat banyak informasi. Sulit (tanpa winglet), karena keseimbangan motor sangat berbeda. Itu jauh lebih menguras fisik, karena motornya bergetar di mana-mana, tapi saya harap ini berguna bagi mereka,” kata Marquez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com