Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beratnya Jadi Sopir Sasis Bus, Nyetir Bus Pakai Helm dan Jas Hujan

Kompas.com - 13/12/2022, 17:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat bus di Indonesia harus melalui beberapa tahapan. Pertama, sasis harus dibeli dahulu, lalu sasis tadi diantar ke karoseri untuk dibuatkan bodi dan interiornya.

Nah, proses pengantaran sasis ke karoseri biasanya melalui jalur darat. Pernah lihat sasis bus sedang berjalan, dikemudikan seseorang dengan memakai helm dan jaket bahkan jas hujan? Ini adalah sopir sasis bus.

Pengemudi ini punya spesifikasi atau keahliasn khusus, dia menyetir dari diler di mana sasis dibeli diantar ke karoseri. Karoseri sendiri ada di berbagai tempat, dari Tangerang, Jawa Barat, Jawa Tengah, sampai Jawa Timur.

Alex, salah seorang pengemudi sasis bus dari Hartono Raya Motor, diler sasis bus Mercedes Benz, menceritakan pengalamannya sebagai pengemudi sejak 2002.

Baca juga: Teaser Bus Baru Karoseri Laksana, Bus Besar atau Kecil?

sasis bus ladderawansan.com sasis bus ladder

"Kendalanya paling ya hujan, jadi di jalan agak lama. Kalau normal sih dua hari setengah sampai tiga hari sudah masuk karoseri di Malang," ucap Alex kepada Kompas.com, Selasa (13/12/2022).

Ketika hujan, Alex harus menepi karena sasis bus tidak memakai atap. Jadi meneduh untuk memakai jas hujan dan kembali melanjutkan perjalanan.

"Kalau ketemu rest area di tol, kita menepi, istirahat dulu, ngopi," ucap Alex.

Baca juga: Dashcam Jadi Alat Bukti Modus Kecelakaan Berujung Pemerasan


Bedanya dengan bus AKAP atau pariwisata, mengantar sasis cuma satu sopir untuk satu kendaraan. Jadi selama perjalanan tidak bisa bergantian, mengingat bangkunya juga cuma ada satu.

"Enggak pakai sopir double, satu mobil satu orang. Paling istirahat saat capek, berhenti saja, sebentar lanjut lagi. Enggak terlalu ngoyo, enggak diburu-buru," ucapnya.

Untuk pengantaran sasis ke karoseri, sebenarnya tidak ada target, paling lambat atau saat santai tiga hari sampai. Namun ada saja permintaan dari PO untuk tiba di karoseri pada hari yang ditentukan.

Sasis bus Mercedes Benz OH 1526DOK. DCVI Sasis bus Mercedes Benz OH 1526

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.