Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Civic Type R Akan Terus Dijual

Kompas.com - 14/12/2022, 16:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pabrikan besar bertekad untuk melahirkan mobil tanpa emisi, baik mobil listrik atau berbahan bakar hidrogen. Namun, Honda juga bersikeras akan memasarkan mobil konvensionalnya, yakni Civic Type R.

Pada suatu titik, peralihan ke mobil listrik tidak akan terhindari. Semua bergerak ke arah elektrifikasi, tak terkecuali Honda.

Baca juga: Begini Jadinya Jika Honda Civic Type R Punya Versi Coupe

Namun, Honda juga akan tetap mempertahankan Civic Type R. Sedan sport tersebut diklaim akan menjadi generasi terakhir yang menggunakan mesin pembakaran internal. Meskipun, belum diketahui juga apakah akan lahir versi elektriknya.

Mesin Honda All New Civic Type RDok. Autoindustriya.com Mesin Honda All New Civic Type R

Hideki Kakinuma, teknisi yang memimpin proyek Type R, menegaskan, bahwa mobil yang fokus dengan performa tersebut sangat penting untuk Honda.

"Tanpa Type R, tidak ada Honda," ujar Kakinuma, dikutip dari Carscoops.com, Rabu (14/12/2022).

Baca juga: Spesifikasi Honda Civic Type R, Tenaga Tembus 325 HP

Kakinuma mengakui, netralitas karbon dan regulasi emisi yang ketat membuat model sport menjadi sangat sulit untuk diwujudkan. Khususnya, karena batasan-batasan tersebut.

All New Honda Civic Type R 2022Dok. Autocar.co.uk All New Honda Civic Type R 2022

"Ini adalah tantangan baru untuk menawarkan pada konsumen kami kenikmatan berkendara. Ya, kami jelas akan tetap membuat Type R lebih jauh lagi," kata Kakinuma.

Kakinuma mengatakan, untuk mencapai netralitas karbon tidak harus fokus pada mesin penggeraknya. Target tersebut bisa dicapai, sekalipun dengan mesin pembakaran internal.

Mesin All New Honda Civic Type RDok. Honda Mesin All New Honda Civic Type R

"Type R sendiri tidak tergantung pada tenaga penggerak. Tapi, filosofi tertentu, prinsip kenikmatan berkendara, dan itu melibatkan banyak aspek," ujarnya.

"Jika kenikmatan berkendara tersebut bisa dicapai dengan netralitas karbon atau suatu elektrifikasi, atau teknologi yang benar-benar berbeda, maka itu bisa disebut juga dengan Type R," kata Kakinuma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com