Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Fungsi Penting, Tren Pasang Dashcam Meningkat

Kompas.com - 13/12/2022, 17:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perangkat yang belakangan ini banyak digunakan di mobil adalah kamera dasbor atau dashboard camera (dashcam). Sebab, perangkat ini punya banyak fungsi penting.

Dengan menggunakan dashcam, pengguna mobil bisa merekam kejadian, baik kasus kecelakaan lalu lintas atau tindak pidana. Sehingga, bisa memudahkan dalam proses penyelesaian masalah.

Baca juga: Dashcam Jadi Alat Bukti Modus Kecelakaan Berujung Pemerasan

Herman Budiman, pemilik workshop Automania, mengatakan, sekarang sedang tren memasang Digital Video Recorder (DVR), karena sekaligus sebagai alat bukti jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di jalan," ujar Herman, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (13/12/2022).

Ilustrasi kamera dasbor atau dashboard camera (dashcam)Dok. Unsplash.com Ilustrasi kamera dasbor atau dashboard camera (dashcam)

Herman mengatakan, per bulannya dia bisa menjual hingga tiga set hingga lima set. Sedangkan untuk kisaran harga dashcam sendiri, bisa mencapai Rp 1,8 jutaan.

Dashcam yang dijual pada umumnya bersifat universal. Sehingga, bisa dipasang pada semua mobil, baik yang modern maupun lawas sekalipun.

Baca juga: Banyak Aksi Brutal di Jalan, Pentingnya Dashcam Jadi Alat Bukti

Menurutnya, setiap mobil memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dalam pemasangan dashcam. Perbedaan harga bisa berdasarkan tingkat kesulitan pemasangannya.

Blackvue DR750X-3CH Plus, pilihan kamera dasbor di IIMS 2022Dok. Blackvue Blackvue DR750X-3CH Plus, pilihan kamera dasbor di IIMS 2022

"Contohnya, di mobil-mobil premium pasti harga instalasinya lebih mahal dibanding mobil umum," kata Hendra, yang memasarkan merek Mtech.

Selain itu, ada juga dashcam dengan merek Blackvue, yang banderolnya cukup tinggi. Harganya berkisar mulai Rp 2 jutaan hingga Rp 11 jutaan.

Salah satu produk yang bisa digunakan untuk merekam kejadian di jalan, yakni Dashcam BlackvueDashcam Blackvue Salah satu produk yang bisa digunakan untuk merekam kejadian di jalan, yakni Dashcam Blackvue

Rudy Ham, Direktur Pemasaran Dashcam Blackvue, mengatakan, Blackvue bekerja layaknya blackbox di dalam mobil. Sehingga, tidak ada rasa khawatir lagi bahwa kita akan kehilangan bukti ketika terjadi sesuatu di jalanan.

“Dengan menggunakan dashcam yang sudah terpercaya tentu memberikan kita rasa tenang ketika kita berkendara”, kata Rudy, dalam kesempatan yang berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com