Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Rem Tromol Mobil Kerap Macet

Kompas.com - 08/12/2022, 13:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Rem tromol pada mobil sebenarnya merupakan teknologi lawas yang masih diandalkan sampai saat ini.

Teknologi tersebut sangat konvensional, perawatan yang dilakukan juga tergolong mudah  dibandingkan model disc brake. 

Meskipun demikian, beberapa masalah kerusakan banyak dikeluhkan pemilik. Salah satunya adalah rem tromol yang macet karena mobil jarang digunakan. 

Seperti diketahui, rem tromol juga difungsikan sebagai penahan laju mobil saat parkir atau handbrake. Rem macet biasa terjadi akibat adanya karat, hal itu karena mobil yang jarang digunakan. 

Baca juga: Waspada Jangan Pakai Kampas Rem Tromol Mobil Abal-abal

"Masalah rem macet memang sering terjadi dan jadi semakin serius. Mobil bisa mogok karena handrem tidak bisa dilepaskan. Kampas rem lengket dengan mangkuk rumah tromol karena karat, hal ini sering terjadi karena mobil parkir terlalu lama dan roda basah," ucap Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto kepada Kompas.com, Rabu (7/12/2022). 

pemeriksaan rem tromolAgus Setiawan pemeriksaan rem tromol

Pada posisi rem tangan aktif , kedua sisi kampas rem bagian luar dan dalam akan mengunci seluruhnya. Celah-celah yang berguna untuk menekan ke dalam tertutup karat dan kotoran. 

Dua atau tiga hari dibiarkan, bisa membuat tingkat korosi bertambah parah. Maka dari itu, Bambang menyarankan, ketika parkir lama sebaiknya rem tangan di nonaktifkan. 

"Biarkan bebas keempat roda, rem yang menekan memperparah kondisi. Karat akan menumpuk, seolah-olah kampas bekerja terus-menerus, karena karat kampas lengket dan sulit dilepaskan," kata dia.  

Baca juga: Salah Satu Penyebab Rem Blong yang Kerap Bikin Kecelakaan Bus dan Truk

Jalan keluar bila mengalami kemacetan tak lain dengan memaksa sampai rem kembali bekerja. Menurut Bambang, mobil bisa dicoba bergerak maju atau mundur. 

Rem yang terkunci akan terbuka sendirinya lantaran hentakan keras. Dua hal yang biasanya terjadi, pertama adalah rem tangan tak bisa sama sekali diturunkan, berikutnya rem tangan tetap normal, namun roda belakang tak bisa berputar. 

Ilustrasi rem tangan mobil () Ilustrasi rem tangan mobil

Baca juga: Tips Memilih Ban Mobil Baru, Cek Harganya per Desember 2022

"Mobil cukup di paksa sedikit ketika pertama kali maju atau mundur. Dorongan tersebut akan membuat kampas tromol yang lengket terbebaskan. Roda belakang mobil bisa berputar lagi. Kelihatan saat di dongkrak, kedua roda belakang macet total," kata dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com