Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Innova Diesel di Semarang Stok Langka dan Harga Melambung

Kompas.com - 21/11/2022, 09:22 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Segmen multi purpose vehicle (MPV) jadi pilihan utama konsumen otomotif Tanah Air. Nomor satu, prioritas yang dicari adalah akomodasi penumpang yang nyaman dan luas. 

Meskipun ada beberapa pilihan unit, Innova diesel jadi nama yang selalu digadang-gadang sebagai mobil keluarga impian. 

Tak heran, selain performa mesin yang bertenaga, Innova diesel juga memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang tak usah diragukan. 

Bahkan, banyak konsumen yang sengaja membeli unit tahun tua karena pertimbangan tersebut. 

"Innova diesel banyak peminat karena dinilai lebih irit, bandel, dan bertenaga. Banyak yang berani modal besar hanya untuk mendapatkan unit sesuai harapan, beberapa unit generasi awal (2004 - 2007) punya pasar yang bagus dibanding tipe-tipe baru," kata Koordinator Bursa Mobil Bekas Telomoyo, Michael Julian kepada Kompas.com, Minggu (20/11/2022). 

Baca juga: KTM Gelontorkan Puluhan Juta Euro buat Motor MV Agusta

Beberapa konsumen berminat Innova diesel karena ingin memiliki mobil tangguh, nyaman, dan bisa diandalkan untuk mobilitas harian. 

Terlebih, pekerja yang membutuhkan mobilisasi tinggi, banyak diantaranya bahkan sampai berani spekulasi mengambil unit tahun tua. 

"Sama-sama harga Rp 150 jutaan, beberapa mengubur ambisinya yang ingin mendapatkan unit siap pakai dengan tahun relatif muda. Hal itu dilakukan setelah kembali menghitung matang bujet operasional harian. Akhirnya, pilihan jatuh kepada Innova diesel tahun awal, katanya tidak masalah karena jika di hitung-hitung masih menguntungkan," kata Michael. 

Beberapa waktu belakangan, harga bekas Innova diesel naik, terutama khusus unit generasi awal. Michael menjelaskan, hal itu sesuai hukum permintaan, jika stok barang langka akan mendongkrak harga jual sendirinya. 

Mesin Innova DieselDicky Aditya Wijaya Mesin Innova Diesel

"Naik sedikit, kemarin-kemarin untuk kisaran Rp 140 jutaan stok banyak. Tetapi, sekarang harga bekasnya naik sekitar Rp 10 juta - Rp 15 jutaan," ucap Michael. 

Kenaikan harga tersebut, menunjukkan tren positif terus tumbuh untuk penjualan Innova diesel. Hal itu berlanjut, karena sejak awal tahun lalu banyak orang mencari unit bujet seadanya. 

Baca juga: Stok Menipis, Innova Diesel Menghilang di Bursa Mobil Bekas Semarang

Berikut ini pilihan Innova diesel bekas di wilayah Kota Semarang dan sekitarnya berdasarkan pantauan yang bisa dijadikan referensi, yaitu:

 

  • Innova diesel G M/T 2005, Rp 138 juta
  • Innova diesel G M/T 2008, Rp 157 juta 
  • Innova diesel G A/T 2009, Rp 168 juta 
  • Innova diesel V A/T 2010, Rp 188 juta 
  • Innova diesel G A/T 2012, Rp 212 juta 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com