Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTM Gelontorkan Puluhan Juta Euro buat Motor MV Agusta

Kompas.com - 20/11/2022, 18:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pierer Mobility Group, induk KTM, GasGas, dan WP Suspension, telah mengakuisisi 25,1 persen saham produsen motor asal Italia, MV Agusta motor. Kesepakatan tersebut terjadi pada November 2022.

KTM yang melihat potensi MV Agusta tidak ragu menggelontorkan dana. Kini perusahaan disebut menambah modal sebesar 30 juta euro atau setara Rp 485 miliar yang akan digunakan untuk pengembangan MV Agusta.

Baca juga: Cara Rawat Kampas Kopling Motor Biar Tak Cepat Aus

Suntikan modal tersebut membuat posisi KTM semakin penting di jajaran top MV Agusta. KTM kini disebutkan punya dua kursi di dewan direksi MV Agusta yang berasal dari manajemen senior KTM.

MV Agusta Superveloce Ago edisi khusus Giacomo Agostini.Foto: Visordown MV Agusta Superveloce Ago edisi khusus Giacomo Agostini.

“Tujuan utama aliansi kami adalah konsolidasi bisnis inti kami dan produksi sepeda motor berperforma tinggi di segmen premium,” kata Timur Sardarov, CEO MV Agusta, dalam keterangan resmi dikutip dari Paultan, Minggu (20/11/2022).

Seperti diketahui, MV Agusta, merek motor legendaris Varese, Italia, memiliki sejarah keuangan yang bermasalah.

Mulai dari keterlibatan dengan Mercedes-AMG, Harley-Davidson dan grup investasi Rusia Black Ocean serta sebelumnya dimiliki oleh merek mobil Malaysia, Proton.

Baca juga: Sistem Bayar Tilang di Indonesia Harus Ada Evaluasi, Masalah Denda Maksimal

Dalam siaran pers, dikutip dari Canadamotoguide, MV Agusta akan mendapat keuntungan untuk memasarkan produknya lewat jaringan Pierer Mobility Group yang sudah tersebar di berbagai belahan dunia.

Booth KTM dan Husqvarna di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022Kompas.com/Donny Booth KTM dan Husqvarna di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022

“Dalam kerangka kemitraan strategis antara dua pabrikan sepeda motor Eropa ini, Pierer Mobility akan memberikan dukungan rantai pasokan kepada MV Agusta dan mengambil alih pembelian," tulis pernyataan.

"Selanjutnya, dalam kerja sama ini, MV Agusta akan mendistribusikan sebagian rangkaian produknya melalui jaringan distribusi Pierer Mobility di seluruh dunia,” ungkap pernyataan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com