Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTM Gelontorkan Puluhan Juta Euro buat Motor MV Agusta

Kompas.com - 20/11/2022, 18:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pierer Mobility Group, induk KTM, GasGas, dan WP Suspension, telah mengakuisisi 25,1 persen saham produsen motor asal Italia, MV Agusta motor. Kesepakatan tersebut terjadi pada November 2022.

KTM yang melihat potensi MV Agusta tidak ragu menggelontorkan dana. Kini perusahaan disebut menambah modal sebesar 30 juta euro atau setara Rp 485 miliar yang akan digunakan untuk pengembangan MV Agusta.

Baca juga: Cara Rawat Kampas Kopling Motor Biar Tak Cepat Aus

Suntikan modal tersebut membuat posisi KTM semakin penting di jajaran top MV Agusta. KTM kini disebutkan punya dua kursi di dewan direksi MV Agusta yang berasal dari manajemen senior KTM.

MV Agusta Superveloce Ago edisi khusus Giacomo Agostini.Foto: Visordown MV Agusta Superveloce Ago edisi khusus Giacomo Agostini.

“Tujuan utama aliansi kami adalah konsolidasi bisnis inti kami dan produksi sepeda motor berperforma tinggi di segmen premium,” kata Timur Sardarov, CEO MV Agusta, dalam keterangan resmi dikutip dari Paultan, Minggu (20/11/2022).

Seperti diketahui, MV Agusta, merek motor legendaris Varese, Italia, memiliki sejarah keuangan yang bermasalah.

Mulai dari keterlibatan dengan Mercedes-AMG, Harley-Davidson dan grup investasi Rusia Black Ocean serta sebelumnya dimiliki oleh merek mobil Malaysia, Proton.

Baca juga: Sistem Bayar Tilang di Indonesia Harus Ada Evaluasi, Masalah Denda Maksimal

Dalam siaran pers, dikutip dari Canadamotoguide, MV Agusta akan mendapat keuntungan untuk memasarkan produknya lewat jaringan Pierer Mobility Group yang sudah tersebar di berbagai belahan dunia.

Booth KTM dan Husqvarna di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022Kompas.com/Donny Booth KTM dan Husqvarna di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022

“Dalam kerangka kemitraan strategis antara dua pabrikan sepeda motor Eropa ini, Pierer Mobility akan memberikan dukungan rantai pasokan kepada MV Agusta dan mengambil alih pembelian," tulis pernyataan.

"Selanjutnya, dalam kerja sama ini, MV Agusta akan mendistribusikan sebagian rangkaian produknya melalui jaringan distribusi Pierer Mobility di seluruh dunia,” ungkap pernyataan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.