Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Marc Marquez Pakai Perangkat Aerodinamika Baru

Kompas.com - 15/10/2022, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada hal yang berbeda pada motor RC213V milik Marc Marquez. Hal ini terlihat pada sesi latihan bebas pertama atau Free Practice 1 (FP1) MotoGP Australia yang digelar di Philip Island pada Jumat (14/10/2022).

Motor Marquez terlihat mendapat pembaruan teknologi aerodinamika pada sayap di bagian depan, panel samping yang telah dimodifikasi dan winglet baru di bagian belakang yang sebelumnya sudah lebih dulu digunakan oleh Ducati.

Winglet yang terletak di bagian buntut motor Marquez, sebelumnya sudah disematkan pada motor Ducati Desmosedici milik Enea Bastianini. Empat winglet yang dinilai mirip dengan punggung salah satu spesies bernama Stegosaurus itu dinilai bisa membuat pengereman menjadi lebih baik dan stabil.

Baca juga: Momen Aleix Espargaro Nyaris Seruduk Kangguru dengan Kecepatan 218 Kpj

Seperti diketahui, beberapa tim mengembangkan winglet yang berfungsi untuk mengatur aerodinamis ketika motor melaju kencang. Honda menjadi salah satu pabrikan yang turut mengembangkan winglet baru pada motor balapnya.

Usaha Honda menyematkan teknologi aerodinamika terbaru di RC213V itupun tak sia-sia. Pasalnya, Marquez mengaku mendapatkan performa yang lebih baik usai mendapat perangkat aerodinamika terbaru.

“Kami membutuhkan waktu untuk mencoba semua hal ini. Tapi ini adalah cara untuk meningkatkan untuk masa depan. Itu positif dan pada hari Sabtu kami akan terus menggunakan (pembaruan aero) karena itu membuat saya merasa sedikit lebih baik di trek ini,” ucap Marquez, dikutip dari Speedweek, Jumat (14/10/2922).

Dengan hasil dari inovasi tersebut, menurut Marquez, HRC telah bekerja keras dan menjawab tantangan darinya yang menginginkan adanya perubahan lebih baik pada RC213V.

Baca juga: 5 Fitur dan Teknologi Canggih yang Ada pada Mobil Flagship, Apa Saja?

“Honda menyadarinya, mereka bekerja keras. Saya senang karena, seperti yang Anda lihat hari ini, mereka terus bekerja. Hanya ada tiga balapan tersisa musim ini, tetapi mereka terus maju dan mencoba memahaminya untuk masa depan. Ini satu-satunya cara untuk menebus kekurangan yang kami miliki saat ini,” katanya.

Adapun untuk MotoGP Australia bakal digelar akhir pekan ini, dimulai dengan beberapa rangkaian sesi latihan bebas dan sesi kualifikasi.

Untuk kelas MotoGP, latihan bebas akan digelar Jumat, 14 Oktober 2022, dan kualifikasi Sabtu, 15 Oktober 2022. Kualifikasi akan digelar pukul 10.10 WIB. Sementara balapan akan digelar pada Minggu, 16 Oktober 2022, pukul 10.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com