Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Aman Mendahului Kendaraan Besar di Jalan

Kompas.com - 13/09/2022, 08:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mengemudi di jalan raya, pengendara dituntut untuk mengontrol kendaraan secara benar dan bertanggung jawab. Tak terkecuali dalam memperhatikan keselamatan terutama pada saat akan mendahului kendaraan lain.

Dalam mengemudi, pada saat berhadapan dengan kendaraan yang memiliki dimensi besar disarankan untuk tetap berhati-hati dan waspada. Pasalnya kendaraan dengan ukuran yang lebih besar tentu saja memiliki blind spot yang besar pula.

Director and Founder Real Driving Center (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, ada beberapa hal yang perlu dipastikan oleh pengemudi pada saat menyalip kendaraan terutama dengan dimensi yang lebih besar.

Baca juga: Berapa Suhu AC Mobil yang Ideal Supaya Hemat Bahan Bakar?

“Pertama harus jaga jarak jauh terlebih dahulu, pastikan kendaraan kita terlihat oleh pengemudi kendaraan besar dari spion mereka. Kemudian lakukan observasi, apakah kondisi di sekitar kita aman untuk mendahului atau tidak,” ucap Roslianna saat dihubungi Kompas.com, Minggu (11/9/2022).

Ilustrasi menyalip trukFoto: Quora Ilustrasi menyalip truk

Misalnya, tidak ada rambu larangan mendahului. Perhatikan juga marka jalan apakah garis putus-putus atau garis menyambung yang artinya tidak boleh melewati marka jalan tersebut.

Langkah selanjutnya adalah berikan tanda melalui sein atau klakson, sehingga kendaraan lain dapat mengetahui rencana kita untuk mendahului. Berikan ruang yang luas antara kendaraan kita dengan kendaraan besar tersebut.

Baca juga: Mobil Listrik Tidak Sepenuhnya Ramah Lingkungan

“Pastikan kendaraan kita berada jauh di depan kendaraan besar (ketika ingin kembali ke lajur), jangan langsung masuk ke posisi kiri terlalu cepat, karena titik butanya cukup besar,” kata dia.

Selain itu, sangat tidak disarankan untuk menyalip pada jalan menikung atau tanjakan dan turunan. Sebab, pada medan jalan tersebut, ada titik buta atau blind spot. Memaksa menyalip pada kondisi jalan tersebut sangat berisiko dan bisa menimbulkan kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com