Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Mulai Produksi iX5 Fuel Cell Hidrogen

Kompas.com - 02/09/2022, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW tidak hanya fokus pada pengembangan mobil listrik. Belum lama ini, pabrikan asal Jerman tersebut juga diketahui mengembangkan mesin fuel cell.

Banyak pabrikan berlomba-lomba untuk mengembangkan kendaraan dengan nol emisi. Selain mobil listrik, fuel cell dengan bahan bakar hidrogen juga jadi alternatif.

Baca juga: Kuota BMW iX dan i4 Sudah Habis, Baru Bisa Dibeli Tahun Depan

Mesin berbahan bakar hidrogen tersebut dibangun di Munich. Mesin ini terdiri dari fuel cell, dua tangki hidrogen, dan motor elektrik generasi kelima BMW eDrive.

BMW iX5 HydrogenDok. Autocar.co.uk BMW iX5 Hydrogen

Mesin tersebut masih dipadukan dengan baterai berperforma tinggi. Untuk fuel cell yang digunakan, BMW mengandalkan pasokan dari Toyota.

Kerjasama BMW dengan Toyota dalam mengembangkan mesin hidrogen sudah dimulai sejak 2013. Namun, Toyota terlihat lebih dulu mencoba mobilnya dengan Yaris GR H2.

Baca juga: Porsche Siapkan SUV Listrik Pesaing BMW iX

CEO BMW Oliver Zipse, mengatakan, sebagai sumber energi serbaguna, hidrogen memiliki peran kunci untuk dimainkan di jalan menuju netralitas iklim.

BMW iX5 HydrogenDok. Autocar.co.uk BMW iX5 Hydrogen

"Kami pikir kendaraan bertenaga hidrogen ditempatkan secara ideal secara teknologi agar sesuai dengan kendaraan listrik berbasis baterai dan melengkapi gambaran mobilitas listrik," ujar Zipse, dikutip dari Autocar.co.uk, Jumat (2/9/2022).

BMW iX5 Hydrogen dapat menghasilkan tenaga hingga 368 tk. Sistem fuel cell hidrogennya dapat menghasilkan tenaga hingga 167 tk.

BMW iX5 HydrogenDok. Autocar.co.uk BMW iX5 Hydrogen

Awal tahun ini, BMW iX5 Hydrogen juga sudah dites di Swedia dalam kondisi musim dingin. Beragam teknologi diuji, begitu pula dengan kecepatannya, dan tentunya mesinnya. BMW menyebutkan sistem fuel cell yang dikembangkan sudah meningkat lebih efisien.

Hanya akan dibuat 100 unit BMW iX5 Hydrogen, itu pun tidak dijual secara umum. Semuanya akan digunakan untuk tes dan mengumpulkan data di berbagai kondisi, mulai di Amerika, Jepang, Eropa, China, dan Korea Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com